Sukses

Perkembangan Janin

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 27 tahun.
dear dok, saya hamil usia 9-10 minggu. berapakah ukuran janin saya seharusnya pada usia tersebut? apakah pada usia tersebut saya bisa merasakan detak jantung janin dengan cara merabanya? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 
Kami turut berbahagia atas kehamilan Anda. Semoga masa kehamilan Anda lancar hingga prosesi melahirkan yang baik dan sehat. 
 
Kondisi janin Anda kini kira-kira memiliki berat 2gram. Panjang 22-30mm. 
 
Minggu ini mata embrio sudah memiliki lensa, iris, retina, kornea, dan kelopak mata. Mata janin belum terbuka karena kelopak mata belum terbentuk sempurna. Pigmentasi retina didapatkan pada embrio. Saat ini embrio Ibu sudah menjadi janin yang berarti ‘muda’. Meskipun masih tergolong sangat kecil, embrio Ibu sudah terlihat mirip dengan bayi. Selama perkembangan organ, lengan atas lebih cepat tumbuh dibanding paha dan betis. Lengan sudah berada di lokasi final dan jari-jari mulai memisah. Lekukan yang menandai perkembangan jari tangan di kemudian hari sudah terbentuk.
 
Pankreas, kandung empedu, duktus biliaris, dan anus (dubur) sudah siap di posisi masing-masing. Hati embrio sudah terbentuk dan mulai menghasilkan sel darah merah yang dipompakan ke seluruh tubuh oleh jantungnya yang kecil. Jantung embrio sendiri saat ini sudah terbagi atas 4 ruangan dan berdebar 150x/menit.
 
Dengan demikian, iya, Anda sudah dapat mendengar degup jantung sang buah hati, namun masih harus dengan alat bantu. 
 
Untuk informasi selengkapnya mengenai perkembangan kehamilan dari pekan ke pekan, berikut tautan link yang kami rekomendasi fitur interaktif dari Klikdokter yang dapat bermanfaat memperluas pengetahuan Anda, termasuk kebutuhan gizi ibu dan sang buah hati.
 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar