Sukses

Sariawan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 15 tahun.
1 minggu lalu saya mengalami demam dan beujung pada panas dalam. saat panas dalam muncul saya rutin konsumsi larutan penyegar tapi kali ini panas dalam saya tak kunjung reda dan berimbah pada gusi berdarah serta gangguan mulut lainnya. salah satu gangguan yg saya binggung adalah sariawan di bibir bagian luar sy. awalnya bentol dan berisi air namun lama kelamaan, membesar dan keluar nanah. hingga sekarang setiap neneh yg keluar sy lap pasti keluar baru. mirip koreng, walaupun panas dalam saya sekarang berangsur pulih, namun gangguan lain di mulut saya belum juga hilang. kemarin sy sempat ke dokter dan dikasih beberapa obat dan ga ada obat oles cuma obet minum aja. dan alhamdulillah panas dalam saya malah yg pulih bukan sariawan di bibir ini. bagaimana ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Tidak ada istilah atau terminasi 'panas dalam' di dunia kedokteran. Istilah 'panas dalam' berkembang di kalangan awam untuk menggambarkan kondisi tubuh kurang sehat akibat dari infeksi ringan, kurang minum, dan kurang istirahat. Akan lebih baik apabila Anda menggambarkan secara detail keluhan yang Anda miliki (contoh sakit menelan, demam, pusing. dll) untuk memberikan gambaran lebih jelas ke kami.

Stomatitis Aphtous Reccurent atau yang di kalangan awam disebut sariawan adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut.SAR sebetulnya dapat sembuh sendiri, karena sifat dari kondisi ini adalah ­self-limiting.

Obat-obatan untuk mengatasi SAR diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi.

Untuk kasus ringan, jenisnya bisa berupa obat salep yang berfungsi sebagai topical coating agent yang melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut saat berfungsi dan melindungi agar tidak berkontak langsung dengan makanan yang asam atau pedas. Selain itu ada juga salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada daerah yang terkena (bersifat lokal).

Pada kasus yang sedang hingga berat, dapat diberikan salep yang mengandung topikal steroid. Dan pada penderita yang tidak berespon terhadap obat-obatan topikal dapat diberikan obat-obatan sistemik.

Penggunaan obat kumur chlorhexidine dapat membantu mempercepat penyembuhan SAR. Namun penggunaan obat ini secara jangka panjang dapat menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kecoklatan.

Obat-obatan tersebut didapat dengan resep dokter. Melihat sariawan anda yang sudah bernanah, ada baiknya bila ditangani oleh dokter gigi spesialis penyakit mulut

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar