Sukses

Kesehatan Telinga

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 22 tahun.
saya hanya ingin mengetahui lebih, telinga kiri saya tidak bisa berfungsi, pendengaran saya masih normal hanya saya tidak bisa mengetahui dari mana arah suara yang datang.ketika berkendara saya tidak bisa mengetahui kendaran mana yang meng-klakson. riwayat kesehatan saya: kelas 2 SD saya pernah operasi amande dan terbangun saat operasi berlangsung. kelas 4 SD pernah sakit telinga seperti ada serangga tapi hanya sehari dan kemudian telinga kiri mulai tidak berfungsi. SD - SMP saya vertigo dan punya masalah gigi Kuliah saya pernah panas tinggi selama seminggu dan terjadi hanya ketika saya tidur keesokannya saya tidak tahu kalo semalam saya di kompres. pertanyaannya apakah ada hubungan antara vertigo, sakit gigi, operasi amandel dengan kondisi telinga? fungsi telinga bagian mana yang memberikan informasi arah suara?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit mengenai masalah medis yang anda alami.Istilah amandel sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan sebutan lain dari tonsil yang merupakan jaringan limfatik yang terletak pada kedua sisi tenggorok, diatas dan di belakang lidah. Semua manusia memiliki amandel dalam rongga mulutnya. Jika terdapat infeksi di dalam tubuh,khususnya pada daerah mulut, maka tonsil yang merupakan bagian dari sistem imun akan membantu memerangi dengan bekerja lebih keras sehingga dapat terjadi pembesaran maupun peradangan tonsil yang disebut dengan tonsillitis, yang kemudian dikenal dan disebut orang amandel. Bila, tonsillitis ini terjadi berulangkali, atau tidak membaik dengan pengobatan serta mengganggu aktivitas sehari-hari, maka operasi pengangkatan tonsil/tonsilektomi adalah pilihan yang tepat. Apabila pada keadaan demikian tidak dilakukan tonsilektomi, maka dapat terjadi komplikasi ke daerah sekitarnya- infeksi hidung, sinus, telinga; dan komplikasi jauh seperti infeksi pada jantung, ginjal, mata, sendi maupun kulit.

Tetapi Dari informasi yang anda sampaikan kepada kami tampaknya gangguan pada telinga anda timbul setelah telinga anda seperti kemasukan serangga.bukan setelah anda operasi amandel.

Salah satu dari sekian banyak penyebab dari timbulnya vertigo antara lain adalah kelainan/penyakit pada telinga bagian seperti Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga   bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo) Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri ,Herpes zoster ,Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga) ,Peradangan saraf vestibuler ,Penyakit Meniere.Sehingga bisa saja masalah pada telinga menyebabkan timbulnya vertigo.

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar mengetahui penyebab dari keluhan yang anda rasakan mengenai telinga anda dan mendapatkan penangan yang sekiranya diperlukan.

 

Proses untuk mengetahui arah suara merupakan suatu proses kompleks antara kedua telinga dan otak.sehingga apabila ada gangguan pada salah satu telinga tentu saja dapat menimbulkan keluhan yang seperti anda sampaikan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar