Sukses

Flek Paru Pada Anak

20 Oct 2014, 03:27 WIB
Wanita, 2 tahun.
anaku cewek 2.5tahun. BB 10.5kg. anaknya sehat & aktif, wlaupun BBnya kurang. beberapa hari ini panas. hasil lab, trombosit bagus, widal negatif, BBS 1 :25, BBs 2: 48. jd ada kemungkinan flek. utk memastikan, q disuruh ronstgen. kata dokter sp.radiologi ada radang paru & cenderung flek. tp dokter ku liat hasil rontgen nya itu ga keliatan, blm yakin, jadinya q minta jangan dikasih obat flek dulu. sambil nunggu perkembangannya bbrp hari lagi. trz mengenai pansnya itu dokter memvonis kena tipus, tp tdk perlu rawat inap, cukup rawat jalan aja. yg ingin q tnyakan masalh fleknya itu. gimana ya bisa memastikan kena flek apa ga.. apa masalh BB kurang itu bisa dikatakan flek? anaknya itu aktif & ga pernah batuk lama. makasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

flek paru dalam dunia medis merupakan TBC (tuberkulosis) paru.

Infeksi TBC Paru pada anak seringkali diakibatkan karena adanya kontak dengan penderita TBC paru yang berada di sekitar anak Anda. Adakah orang-orang di sekitar anak Anda yang mengalami sakit tersebut atau batuk-batuk lama yang tak kunjung sembuh? Tentunya, selain menjalani pengobatan anak Anda harus dijauhkan dari orang-orang dewasa di sekitarnya yang dicurigai mengalami penyakit TBC paru (tentunya menyarankan juga kepada orang yang dicurigai tersebut untuk berobat) karena jika tidak diobati maka mereka akan menular dan seterusnya berulang. Lalu tak lupa menjaga nutrisi makanan sehari-hari. .Namun, TBC pada anak sedikit berbeda dengan TBC pada orang dewasa karena biasanya tidak menyebabkan gejala batuk produktif sehingga kebanyakan tidak menyebabkan penularan. Penularan biasanya terjadi dari orang dewasa.

Beberapa gejala TBC yang terdapat pada anak:

-Demam lama (> 2 minggu) tanpa sebab jelas dan demam tidak terlalu tinggi
-Dapat disertai keringat malam
-Batuk lama > 3 minggu
-BB turun atau tidak naik dalam 1 bulan
-Nafsu makan menurun/berkurang
-Diare persisten yang tidak sembuh

untuk penegakan diagnosa TBC dapat melalui beberapa pemeriksaan penunjang seperti Uji tuberkulin (tes Mantoux),Foto toraks A/P atau P/A dan lateral,Pemeriksaan mikrobiologis basil tahan asam (BTA) secara langsung dan biakan Mycobacterium tuberkulosis dari bahan bilasan lambung atau sputum dan lain sebagainya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar