Sukses

Hipertensi

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dok, mau tanya, seorang ibu tensinya 250 sekarang mulai turun ke 230 tp masih tinggi yah. apakah ada alternatif pengobatan herbal? liat2 artikel katanya teh rosella merah bisa membantu? mohon pencerahan :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Berapa Tensi ibu anda saat ini tepatnya 230/...?berapa tekanan darah ibu anda sehari-hari?apakah selalu tinggi seperti yang anda sampaikan?apakah ibu anda mengkonsumsi obat-obatan anti hipertensi selama ini?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena genetik, pola makan, atau berhubungan dengan kerusakan organ-organ tubuh.Hal ini harus diatasi dengan obat-obatan ditambah diet rendah natrium dan rendah lemak, serta tidak merokok atau menghirup asap rokok dari perokok di sekitarnya dan olahraga teratur.

Pengobatan hipertensi memiliki guideline tersendiri dimana akan dipertimbangkan tekanan darah dan komplikasi hipertensi ke organ lain. Obat untuk hipertensi harus berada di bawah pengawasan dokter sampai terkontrol. Tidak disarankan untuk mengobati hipertensi sendiri karena akan sulit dievaluasi mengenai perkembangan terapi, jenis dan dosis obat.

Anda harus melakukan triple therapy untuk hipertensi, yaitu diet rendah natrium, olahraga, dan obat apabila tidak terkendali dengan diet dan olahraga. Dosis dan jenis obat yang digunakan pun dapat berbeda-beda. Penurunan tekanan darah memang tidak boleh secara drastis. Menurunkan tekanan darah hanya diperbolehkan 20% dari Mean Arterial Pressure (MAP).

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan terapi serta nasihat tepat mengenai bagaimana mengatasi hipertensi ibu anda apalagi jika diliat dari tekanan darah ibu anda yang tinggi.  tekanan darah tinggi yang tidak dikendalikan dapat menimbulkan komplikasi (stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, dll)

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai hipertensi melalui artikel kami di bawah ini :

Hipertensi

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar