Sukses

Ablasio Retina

18 Oct 2014, 04:31 WIB
Wanita, 18 tahun.
Sejak kecil saya terlahir dengan mata kanan minus 8 dan mata kiri minus 16.. sejak SD saya menakai kacamata yang sama tebalnya saat saya SMK. 3 tahun lalu saya ke dokter mata.. dan dokter mengatakan bahwa mata kiri ada katarak sehingga renita kiri tidak dapat dilihat.. dan mata kanan renitanya sudah mulai sobek.. dokter mengatakan sebaiknya dilakukan laser untuk mata kanan.. dan saya sudah 2 kali laser untuk mata kanan... dan 1,5 tahun lalu mata kiri saya mengalami ablatio retina.. dan saya hanya bisa melihat dengan mata kanan.. sekarang saya kuliah semster 1 dan mengendarai sepeda motor sendiri... nah yang ingin saya tanyakan sebenarnya apakah saya boleh mengendarai sepeda motor sendiri? karena akhir-akhir ini mata kiri saya kadang nyeri.. kadang pengelihatan saya menurun.. apa renita benar bisa robek? apa yang dapat mencegah kemungkinan terburuk(kehilangan ke 2 nya)? terima kasih....
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Jika melihat dari keluhan yang anda sampaikan mengenai kondisi mata anda maka sebaiknya anda tidak mengendarai kendaraan bermotor sendiri untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Retina bisa robek.robekan retina yang dibiarkan dapat menyebabkan ablasio retina karena cairan didalam bola mata / vitreous humor dari vitreous body masuk ke belakang menuju rongga antara sel pigmen epitel dan retina.Terjadi pendorongan retina oleh vitreous humor (cairan mata) yang masuk melalui robekan atau lubang retina tersebut ke rongga sub retina sehingga mengapungkan retina dan menyebabkan retina terlepas dari lapis epitel pigmen koroid. Ablasi retina regmatogenosa merupakan yang tipe ablasi yang paling umum terjadi. Ablasi umumnya terjadi pada mata yang mempunyai faktor resiko untuk terjadi ablasi retina.

 

Untuk penanganan dan pencegahan agar retina anda tidak rusak sebaiknya anda berkonsultasi dan memeriksakan hal tersebut ke dokter spesialis mata.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar