Sukses

Paru-paru Basah

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 21 tahun.
PAGI DOK.... Saya mau tanya 6 bulan yang lalu saya terkena paru-paru basah...dan harus berobat rutin slama 6 bulan...dan sekarang saya sudah 6bulan berobatnya,,,sudah di thorax juga dan alhamdulillah thoraxnya sudah ada perubahan kalo dilihat kasat mata dok..cuma sabtu nanti saya baru bawa ke dokter spesialis biar saya tahu hasil sebenarnya seperti apa,,,??? cuma saya takut dok...deg degan dengan hasilnya,,,!!! dok,,,kalo kita kena paru-paru basah apa itu sudah jelaz kita kena HIV/aids...???truz penyebabnya apa..??? mohon penjelasannya dok...???
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Paru-paru basah merupakan istilah awam yang digunakan untuk menggambarkan suatu komplikasi tuberkulosis (TBC) pada selaput paru/pleura.

Apakah Anda sudah menyelesaikan pengobatan TBC dalam beberapa waktu lamanya (6 bulan)? Berapa lama Anda sudah mengkonsumsi obat-obatan TBC?

Jika sudah, maka sangat mungkin Anda telah sembuh. Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan dahak ulangan?

Jika Anda merasa kurang yakin, maka Anda dapat meminta penjelasan dokter dan meminta pemeriksaan dahak.

Hasil rontgen penderita TBC memang masih dapat memberikan gambaran infiltrat, terkadang itu merupakan jaringan parut hasil penyembuhan. Yang perlu diperhatikan adalah kondisi klinis (apakah Anda masih batuk-batuk, demam, dll). Jika Anda sudah menyelesaikan pengobatan dan kondisi klinis Anda baik, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Perlu anda ketahui bahwa TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis . Sedangkan AIDS  adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistim kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.

Oleh karena itu Tidak Benar jika seseorang yang menderita TBC pasti juga  menderita AIDS karena kedua penyakit tersebut disebabkan oleh penyebab yang berbeda.

Untuk melengkapi pengetahuan bersama, berikut ini adalah beberapa tulisan karya tim redaksi medis Klikdokter lainnya berkenaan dengan topik yang Anda tanyakan:

Apa Itu Tuberkulosis Paru

Waspadai Serangan Tuberkulosis

Mengenal Lebih Jauh Resistensi Tuberkulosis

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

 Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar