Sukses

Nyeri Angina

01 Nov 2015, 11:18 WIB
Pria, 35 tahun.

Salam Dok, Saya mau nanaya Angina pektoris apa bisa terjadi pada Orang yang mempunyai jantung Sehat (Pembulu Jantung tidak Tersumbat) ? Terima Kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Nyeri Angina merupakan gejala nyeri dada kiri yang khas untuk keluhan penyakit jantung. Keluhan nyeri dada  kiri ini digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Penyebab nyeri adalah berkurangnya aliran darah ke jantung, umumnya akibat sumbatan pembuluh darah jantung.

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual.

Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti: merokok, kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi, riwayat keluarga menderita penyakt jantung koroner pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita). 

Selain Angina, bisa saja anda mengeluhkan nyeri dada kiri yang serupa, namun bukan disebabkan oleh penyakit jantung. Diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, atau jantung, dan juga oleh masalah psikologis. Namun tentunya karakter nyeri tersebut tidak khas seperti nyeri pada Angina pectoris.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar