Sukses

Belum Hamil

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 24 tahun.
Sore dok. saya ingin bertanya. Saya sudah menikah 3 bulan, belum ada momongan. Siklus haid saya cukup lancar, tiap bulan tanggalnya sama atau maju 1-2 hari saja. Namun, di bagian wajah saya tumbuh rambut berlebihan, di bagian kumis dan sekitar pipi, dan sedikit di daerah badan. Saya takut akan sindrom ovarium polikistik. Dengan haid yang cukup teratur, apakah kemungkinan sindrom ovarium polikistik masih ada? Jika ya, apa yang harus saya lakukan? Karena dari yang saya baca, sindrom ini dapat menghambat kehamilan. Terima kasih, Dok.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

 

 

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

Kami memahami keinginan Anda dan pasangan  untuk segera memiliki keturunan setelah menikah. Namun tidak semua pasangan yang dapat segera memiliki keturunan dalam beberapa bulan setelah menikah. Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Bagaimana dengan hubungan seksual Anda dan suami? Apakah Anda dan suami telah melakukan hubungan seksual minimal 2-3 kali/minggu? Lebih baik untuk melakukan hubungan seksual sesering mungkin pada saat merencanakan ingin memiliki keturunan.

 

Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk dicari tahu penyebabnya, baik dari pihak istri maupun dari pihak suami. Untuk memeriksakan fungsi reproduksinya, seorang wanita dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sementara seorang pria dapat berkonsultasi dengan dokter urologi atau andrologi.

 

Menurut Kami, anda dan pasangan belum perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab mengapa anda dan pasangan belum dikaruniai keturunan. Sulitnya anda memperoleh keturunan mungkin disebabkan karena selama ini anda selalu melakukan hubungan seksual pada saat yang tidak tepat, yaitu bukan pada masa subur anda. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.


Berusaha terlebih dahulu dan setelahnya berdoa dan pasrahkan pada Tuhan. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar