Sukses

Telinga Berdengung

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 22 tahun.
2 bln lalu saya didiagnosis sinusitis akut, setelah beberapa kali periksa ke dokter THT dan perawatan dengan obat gejalanya berkurang. namun beberapa hari ini gejalanya mulai terasa lagi, seperti bersin-bersin, hidung mampet dan kemudian meler, hingga sakit kepala dan yang yang terbaru telinga sebelah kanan saya mendengung dok. telinga mendengung ini sangat mengganggu sekali dan dapat terjadi seharian. yang saya tanyakan apakah ada hubungan antara sinusitis dan telinga mendengung yang saya rasakan, karena dulu hal ini tidak pernah saya alami. adakah hubungannya dengan gaya hidup (merokok, begadang, lingkungan kurang bersih) dan bagaimana cara mengatasinya dok, saya enggan sekali periksa ke dokter (lagi) karena takut harus dilakukan operasi. Sebelumnya saya sampaikan terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kondisi yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sebelumnya akan kami jelaskan mengenai suara berdenging yang Anda alami.Persepsi suara dari telinga (bunyi berdenging atau berdengung) tanpa adanya rangsangan eksternal di dalam dunia medis disebut dengan tinitus.

Tinitus merupakan salah satu gejala dari beberapa penyebab gangguan telinga seperti infeksi pada telinga, benda asing di telinga, alergi, luka pada telinga akibat pajanan suara yang terlalu keras, serumen prop (kotoran telinga yang keras), efek samping obat (aspirin, tetrasiklin), dan beberapa penyakit telinga lainnya.

Gangguan pendengaran atau perasaan 'pengang' yang Anda alami saat ini dapat disebabkan oleh salah satu penyebab yang kami sebutkan di atas. Mungkin sebelumnya Anda dapat mengingat-ingat kejadian yang Anda alami dan dapat menyebabkan gangguan pada telinga Anda, seperti pajanan suara terlalu keras, mengorek-ngorek telinga dengan cotton bud, berenang, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain.

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:


  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung
  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari
  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

tak semua kasus sinusitis harus diselesaikan melalui tindakan operasi. Penyembuhannya bisa melalui terapi obat, pemanasan, irigasi, dan terakhir operasi. Obat minum berupa antibiotik dan dekongestan.

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis THT untuk evaluasi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar