Sukses

Gatal Pada Vagina

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 26 tahun.
Langsung saja ya dok.. sy ibu rumah tangga dengan 2 org anak (umur 4 th dan 2 th). Yg mau sy tanyakan : mengapa beberapa hari ini sy sering merasakan gatal di daerah sekitar bibir vagina?? apakah itu merupakan ciri2 penyakit diabetes?? karena di keluarga besar byk yg menderita penyakit tsb. Sy sekarang mengkonsumsi pil kb diane-35 ud hampir 9 bulan dan setiap pil nya sudah mau habis sy sering sakit kepala,mengapa begitu ya?? mohon penjelasannya ya dok..terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Apakah keluhan gatal diikuti dengan keputihan. Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga.Gatal pada vagina bukan gejala dari penyakit diabetes.

Saran saya adalah jagalah kebersihan vagina Anda dengan mengeringkan vagina dan sekitarnya menggunakan handuk setelah BAB atau BAK, sering berganti celana dalam, dan menggunakan handuk sendiri. Apabila gatal belum berkurang juga saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

 

Sakit kepala merupakan salah satu efek samping dari penggunaan pil KB.efek samping dari pil KB (bisa lebih jarang ataupun lebih sering). antara lain:

  • Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Rasa nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Rasa kembung
  • Peningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)
  • Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik)

tapi jika dirasa sakit kepala yang anda rasakan bertambah parah kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dari sakit kepala yang anda rasakan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan ,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar