Sukses

Nyeri Berkemih

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 30 tahun.
siang dok, terima kasih atas penjelasannya sebelumnya mengenai Nyeri saat berkemih. tetapi ada lagi yang ingin saya tanyakan dok. Sebenarnya sudah mulai berkurang keluhan saya, setelah saya mengikuti saran dokter untuk minum air putih yang banyak. tetapi dok, saat ini setelah berkemih kemaluan saya merasakan seperti merinding/nyeri walaupun air seni tidak keruh dan pinggang sebelah kanan sakit dok. tolong penjelesannya kembali. terima kasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nyeri ketika buang air kecil (BAK) pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih yang banyak disebabkan oleh batu. Tindakan yang dapat dilakukan pertama kali adalah meningkatkan asupan cairan (air putih) minimal 1,5-2L/hari dan tidak menahan BAK. Peningkatan asupan cairan dalam hal ini ditujukan untuk membilas kuman ataupun cikal bakal batu yang mungkin terdapat pada saluran kemih.

Selain hal tersebut, sangatlah penting untuk menjaga kebersihan daerah kemaluan dan sekitarnya serta menjaga agar tidak lembab dengan cara segera mengeringkan daerah kemaluan setelah BAK/BAB dan sering berganti pakaian dalam.

Apabila setelah melakukan saran di atas Anda masih memiliki keluhan nyeri ketika BAK tersebut, maka kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar