Sukses

Merasa Sakit Tapi Hasil Pem.Normal

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 35 tahun.
Salam Dok, , saya sudah ke lima kali Bertanya dalam rubik ini, dan saya mendapat jawaban yang memuaskan terima kasih, hanya saya merasa ada apa dengan diri saya, Test EKG sudah berulang-ulang (hasil Normal), Test darah terakhir (kolesterol total : 175, LDL : 116 , HDL : 36 dan Trigrd : 118 ) dan sebelumnya juga sering tes darah dan hasil Normal, CT-Scan 64 slide (anjuran Dokter Spesialis Jantung) Sudah saya Kerjakan hasil Normal dan bersih, tetapi mengapa saya masih merasa takut sakit Jantung (Serangan PJK) apalagi jika dada merasa nyeri, hal ini sangat menggagu aktifitas saya, dan keharmonisan keluarga sangat tergangu karena saya merasa takut dalam berpergian (misal ; berlbur sma keluarga) dll, apa dan saran dokter yang harus saya lakukan?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Jika Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan gejala penyakit jantung ataupun keluhan-keluhan lain yang anda rasakan sesuai anjuran dokter Anda dan tidak didapatkan kelainan secara fisik terkait keluhan Anda maka masalah yang Anda alami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Gangguan cemas memang dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda.

 Keluhan yang Anda sampaikan memerlukan wawancara medis yang lebih mendetil untuk mengetahui sejak kapan Anda mengalami hal ini, kapan saja Anda mengalami hal ini, dan hal-hal apa saja yang mengganggu pikiran Anda dan membuat Anda cemas. Hal ini memerlukan pembicaraan dan diskusi yang panjang dan mungkin membutuhkan beberapa kali pertemuan. Kecemasan yang berlebihan memerlukan penanganan yang menyeluruh oleh dokter spesialis psikiatri. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis psikiatri untuk membantu Anda mengatasi gangguan cemas berlebihan Anda.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar