Sukses

Skabies dan Alergi

20 Oct 2014, 04:13 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok, saya ingin bertanya. Awalnya kulit saya alergi parah di bagian punggung. Itu terjadi sekitar 4 bulan lalu. Entah apa penyebabnya saya tidak tahu. Lalu diberikan obat oleh dokter dan sembuh. Namun sebulan kemudian kambuh lagi, dan saya periksa ke dokter kalau tidak salah diberikan Cetrizine 2HCl 10mg dan Methylprednisolone 4mg dan salep lalu sembuh. Belakangan ini saya periksa dan kata dokter saya terkena Skabies dan Alergi. Lalu diberikan Dexamerthasone 0.5 mg, dan Mebhydroline 50 mg. Skabies saya sudah hilang terutama di bagian selangkangan, ketiak, bawah perut, sela-sela jari. Namun sekarang gatal lagi. Paling parah terutama di bagian kulit skrotum, kulit antara skrotum dan lubang anus, kulit penis, dan ketiak. Namun terdapat gatal-gatal juga pada bagian lengan, paha, kaki. Apakah ini kemungkinan alergi atau skabies? Sebenarnya apa yg membedakan gatal akibat alergi dan skabies? Sebaiknya saya periksa ke dokter spesialis kulit atau imunologi? Terima kasih sebelumnya dok.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprai, handuk, bantal, air, atau sisir yang pernah digunakan penderita dan belum dibersihkan dan masih terdapat tungau Sarcoptesnya. Scabies menyebabkan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Scabies identik dengan penyakit anak pondok. penyebabnya adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies.



Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen.
Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut dan lengkap.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar