Sukses

Kista

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 30 tahun.
apakah kista dapat kambuh susulan padahal 2 bulan yang lalu baru operasi mengangkat kista dengan biaya mahal,minggu ini saat datang bulan perut terasa sakit, apakah kista dapat dilebur tanpa bedah, apakah menu makan dapat menumbuhkan kista
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat.


Terima kasih telah  menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Sebelum kami melanjutkan, perlu kami perjelas kista yang Anda maksudkan. Di mana letak kista yang Anda maksudkan tersebut karena meskipun yang paling sering ditemui pada wanita adalah kista indung telur (ovarium), namun kista dapat juga terjadi di rahim. Penanganan kista juga bergantung pada jenis kistanya. Berikut kami sertakan artikel " Apa itu Kista?" untuk informasi lengkap.

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri.

Tingkat kekambuhan kista ovarium bergantung pada jenis kistanya. Sebagai contoh, pada kista serosum biasanya tidak terjadi kekambuhan kembali, sedangkan pada kista endometriosis pada ovarium seringkali mengalami kekambuhan. pertumbuhan kista tidak dipengaruhi baik makanan maupun minuman.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar