Sukses

Gigi Berlubang

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 22 tahun.
halo dok, mau tanya tentang gigi berlubang nih... gigi geraham saya yang ketiga setelah gigi taring sudah lubang/pecah dan tinggal separuh. Dan sekarang sudah sakit, ngilu, soalnya sudah terbuka dan bagian dalamnya (di bagian tengah) ada semacam gusi yang terlihat. apabila sesekali lidah saya menutup/menyentuh lubang gigi tersebut akan terasa seperti menyenggol gusi dalam gigi tersebut dan rasanya ngilu... apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengatasinya? terima kasih dok....
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Berdasarkan keterangan Anda, saya asumsikan daging yang menonjol tersebut adalah yang disebut pulpa polip. Pulpa polip umumnya lebih sering terjadi pada gigi susu, namun dapat terjadi juga pada gigi tetap orang dewasa. Bila lubang gigi sudah terlanjur dalam dan mencapai pulpa (rongga berisi pembuluh darah dan syaraf), terjadi infeksi dan peradangan pulpa dan dapat terjadi polip.

Polip tersebut adalah reaksi

pulpa

secara berlebihan terhadap peradangan. Karena

pulpa

gigi masih vital, maka dapat berdarah dengan sentuhan ringan atau saat menyikat gigi., dan dapat membuat bau nafas kurang sedap karena proses pembusukan gigi tersebut.  Gigi tersebut masih dapat diselamatkan dengan perawatan saluran akar meski perlu dilihat juga bagaimana kondisi jaringan mahkota/akar gigi yang masih tersisa., dimana polip diangkat, saluran akar dibersihkan lalu diisi dengan bahan pengisi saluran akar, lalu lubang gigi ditutup dengan restorasi. Pencabutan gigi tersebut adalah pilihan yang paling akhir, bila tindakan lain sudah tidak dapat dilakukan.

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan pada gigi yang berlubang/pecah.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Kliikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar