Sukses

Sinusitis

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dokter saya mau tanya masalah sinusitis... Saya sudah didiagnosa sinusitis oleh dokter THT disini..katanya harus operasi tetapi saya masih takut menjalani operasi...tetapi karena sinus itu saya saat ini lebih sering mengeluh sakit kepala sebelah kiri..foto rontgen menunjukan sinus saya di daerah frontalis dan maxilaris sebelah kiri..dan sudah banyak cairannya..katanya harus diambil..kemarin saya dianjurkan untuk melakukan CT scan kepala..tetapi belum saya lakukan.. Yang mau saya tanyakan berapa persenkah keberhasilan operasi untuk menyembuhkan sinusitis..karena saya jg punya saudara yg sinus..sudah menjalani operasi..tetapi tidak sembuh total..masuk sering pilek bila cuaca dingin atau ada debu.. tkb
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Penumpukan cairan dalam rongga sinus merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman. Awalnya keluhan sinusitis Anda timbul sebagai respon alergi terhadap udara / cuaca dingin, kemudian timbul infeksi pada cairan sinusnya sehingga menimbulkan bau dan warna kuning kehijauan. Dalam perjalanannya, apabila tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.


 

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:


 

  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung

  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari

  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

 

Yang dapat Anda dilakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 


Anda mengatakan bahwa saudara anda mengalami keluhan sinusitis yang timbul setiap kali terpajan dengan udara / cuaca dingin. Dari sini dapat diketahui bahwa alergi merupakan salah satu faktor yang mencetuskan keluhan sinusitis saudara Anda. Yang terbaik yang dapat saudara Anda lakukan adalah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat mencetuskan keluhan alergi , dalam hal ini adalah udara dingin. Terapi medis yang dapat diberikan antara lain adalah antihistamin, steroid, dan pelega hidung / dekongestan (dengan pengawasan dokter).

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar