Sukses

Hiperhidrosis

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 21 tahun.
Selamat pagi pak dokter. saya mau bertanya mengenai tangan dan kaki saya yang sering basah. ketika dalam keadaan bersemangat, gugup, ketika memegang tangan orang lain, dan lain2, tetapi kadang2 tangan saya kering juga. Dan saya juga sering merasa sakit di bagian dalam dada saya. seperti ada semacam angin, dan ketika saya membusungkan dada terasa sakit. Pertanyaan saya : 1. Apakah saya menderita jantung lemah seperti yang sering dikatakan teman saya ? 2. Bagaimana mengobati tangan dan kaki saya agar tidak sering basah dok ?, karena ini sangat menggangu sewaktu saya beraktivitas. 3. Tolong beri saran dok, apa yang harus saya lakukan untuk kedepannya mengobati penyakit ini, saya baiknya berobat kemana, ke dokter bagian apa, dan lain2. Terimakasih banyak dokter. salam :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Keluhan seperti yang Anda sebutkan (sakit pada dada) dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang Anda rasakan? di dada sebelah mana tepatnya lokasi nyeri yang anda rasakan?Berapa lama biasanya rasa sakit atau nyeri pada dada Anda rasakan? Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, diperlukan informasi tambahan lain seperti, bagaimana sifat nyerinya, bertahan berapa lama, apa pemicu timbulnya, kapan hilangnya, dll. Apakah selama ini sudah mengonsumsi obat-obatan? Bagaimana hasilnya?

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda?

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

karena nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai macam hal dan diperlukan anamnesa ,pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk mengetahuinya.Oleh karena itu sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada yang anda rasakan.

 

Kondisi keringat berlebih yang Anda alami disebut dengan hiperhidrosis palmar yaitu kondisi yang ditandai dengan produksi keringat berlebihan di telapak tangan. Hiperhidrosis palmar termasuk hiperhidrosis yang lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi (cemas atau gugup). Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh hiperaktivitas sistem saraf simpatis yang meningkatkan kerja kelenjar keringat.

Hiperhidrosis umum atau menyeluruh ditandai oleh keluarnya keringat secara berlebihan di seluruh tubuh. Keadaan ini memang dapat disebabkan oleh adanya kelainan jantung, seperti gagal jantung atau infark otot jantung, kemungkinan karena adanya pengaruh peningkatan aktivitas sistem saraf simpatis. Gejala ini biasanya disertai gejala gangguan jantung lainnya, seperti jantung berdebar-debar, nyeri dada, sesak napas, bengak pada tubuh, dll.

Namun terdapat berbagai macam penyebab lain hiperhidrosis umum, seperti diabetes (kencing manis), kelainan kelenjar gondok, tuberkulosis (keringat banyak pada malam hari), konsumsi obat-obat tertentu, atau bahkan tumor. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan cemas menyeluruh pada seseorang.

Sedangkan pertanyaan Bapak menyangkut keringat berlebih pada telapak tangan. Keadaan ini disebut juga hiperhidrosis palmaris, dan termasuk pada hiperhidrosis lokal (mempengaruhi hanya bagian tubuh tertentu). Hiperhidrosis lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi.

Jadi, keringat yang berlebihan hanya di kedua telapak tangan dan/atau di kedua telapak kaki, tanpa disertai keluhan gejala-gejala gangguan jantung atau gejala sistemik lain, kemungkinan hiperhidrosis tersebut hanya disebabkan oleh rasa cemas saja.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar