Sukses

Anak Susah BAB

20 Oct 2014, 00:21 WIB
Wanita, 26 tahun.
dear dokter, saya mau tanya.anak saya umur 1,5tahun mengalami konstipasi kronis.sudah terjadi sejak dia berusia sekitar 6bulan.padahal konsumsi buah,sayur dan cairan sudah cukup.saya sudah berkonsultasi dengan dokter anak dan disarankan untuk mengkonsumsi laktulosa.bentuknya cairan seperti sirup.katanya laktulosa ini harus terus diberikan dan pemberhentiannya dilakukan pelan2.anak sy sdh hampir 3bln mengkonsumsi,tapi jika saya lupa memberikannya 1hr saja,anak saya langsung tidak BAB esok harinya.saya takut anak saya akan ketergantungan dengan obat itu. pertanyaannya apakah obat itu bisa membuat ketergantungan?dan apakah anak saya masih boleh terus mengkonsumsinya? saya pernah dengar kalau yogurt bs membantu melancarkan BAB,apakah betul? jika iya,apakah yogurt2 yg dijual di pasaran sudah boleh dikonsumsi anak sy yg baru berumur 1,5thn? terimakasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat,

Obat pencahar hanya diberikan bila ada indikasi tertentu. Kondisi tersebut diantaranya adalah konstipasi akut maupun kronik (tidak bisa BAB dalam waktu 3-7 hari), pada pasien yang akan melakukan pemeriksaan radiologi untuk abdomen (perut) atau pemeriksaan kolonoskopi (dimasukkan alat serupa selang dari anus untuk melihat kondisi usus besar), dan pada kondisi dimana pasien tidak boleh mengedan (contoh pasien jantung).

Saya tidak menyarankan obat pencahar ini dipakai tidak sesuai indikasi yang saya sebutkan diatas. Jenis obat pencahar diantaranya adalah laktulosa dan bisacodyl. Obat pencahar pada dasarnya aman asalkan digunakan sesuai dosis dan atau atas petunjuk dokter dan perlu dicari penyebab keluhan anak Anda .. Umumnya obat pencahar diberikan pada malam hari agar bereaksi dengan baik di pagi harinya.


Yogurt yang kaya bakteri baik yang bisa membantu mengatasi gangguan perut dan infeksi jamur. Carilah yogurt yang mengandung Lactobacillus (L. acidophilus) dan atau Bifidobacterium (B. bifidum).tapi perlu diketahui bahwa yoghurt merupakan salah satu produk dari susu.jika ada alergi susu sapi maka sebaiknya jangan berikan yoghurt kepada anak.Namun apabila tidak ada riwayat alergi dapat dicoba pada usia 6 bulan keatas namun sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu kepada dokter anak.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar