Sukses

Masa Subur

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 31 tahun.
Sore dok.. mau tanya dong dok... saya sudah menikah sejak bln april 2011 lalu... tapi sampai saat ini belom di karunia in momongan dok :( saya dan suami memang tinggal terpisah ,,, sementara suami masih bekerja di luar kota.. yang ingin saya tanyakan..kapan masa subur saya bulan ini dok ?.. untuk dokter ketahui saya dapat haid terakhir tgl 30 december dan berakhir di tgl 04 januari 2012 ( nopember tgl 26 dan berakhir tgl 30 nop 2011 ).... hal ini untuk mengatur jadwal kepulangan suami dok.. karena selama ini suami selalu pulang sekitar tanggal 29 setiap bulannya.. trims ya dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebelumnya kami ingin bertanya bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?apakah teratur atau tidak?Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun, jika Anda  ngin mencoba untuk mendapatkan keturunan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Bagaimana dengan hubungan seksual Anda ? Apakah Anda telah melakukan hubungan seksual minimal 2-3 kali/minggu? Lebih baik untuk melakukan hubungan seksual sesering mungkin pada saat merencanakan ingin memiliki keturunan.

Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

Jika siklus haid Anda yang teratur, maka perhitungan masa subur Anda adalah sekitar 14 hari sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari).

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  •  Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar