Sukses

Tahi Lalat

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 18 tahun.
yth dokter, saya mau bertanya, apakah tahilalat itu bisa hidup(tumbuh membesar)? karena saya punya tahi lalat awalnya biasa (rata dengan kulit) namun belakangan ini saya amati sedikit mem-benjol, apakah berbahaya?? dan juga saya mau bertanya, asal tahi lalat itu bisa muncul dari mana? karna ada tahilalat baru di badan saya? trims banyak atas jawabannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Istilah medis yang menggambarkan adanya bercak berpigmen pada kulit adalah Nevus. Nevus melanositik oleh orang awam dikenal sebagai istilah “tahi lalat” atau andeng-andeng (nevus pigmentosus).

Nevus adalah tumor yang paling sering dijumpai pada manusia, merupakan tumor yang berasal dari sel-sel melanosit. Nevus umumnya muncul saat lahir atau segera setelah lahir, terbanyak pada dewasa muda, dan menurun pada orang tua.


Pada dasarnya nevus tidak memberikan gejala apa-apa jika memang nevus itu jinak. Namun kita perlu mengenal tanda-tandanya jika nevus itu ganas antara lain :

  1. Ulserasi (luka) dan perdarahan spontan

  2. Membesar dan warna lebih gelap

  3. Pigmen menyebar dari ke kulit sekitarnya

  4. Disekitarnya ada lesi-lesi yang lebih kecil mengelilinginya

  5. Inflamasi tanpa didahului trauma

  6. Nyeri dan gatal

Nevus umumnya tidak memerlukan terapi kecuali bila pasien menginginkan nevus diangkat atau dokter mencurigai perubahan kearah keganasan. Terapi yang dipilih adalah eksisi sederhana. Nevus yang dicurigai ganas harus dibiopsi dan sekalian diangkat/ dioperasi. Kami sarankan Ibu/Saudari berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar