Sukses

Sakit Pinggang

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 19 tahun.
excuse me? 1.saya mau tanya setiap saya melakukan olahraga seperti bulu tangkis/ basket setelah bermain pasti pinggang sya terasa skit dan susah untuk menunduk 2. menurut ilmu kedoktoran cara yang tepat untuk meniggikan badan itu seperti apa? mohon jawabanya?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

1.Sebelumnya kami ingin bertanya sejak kapan sakit pinggang tersebut anda rasakan?apakah sakit pinggang tersebut hanya anda rasakan setelah melakukan olahraga yang anda sebutkan?Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar, kemerahan)?dsb

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Sulit bagi kami untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya.tapi apabila keluhan nyeri pinggang ini anda rasakan hanya karena aktifitas yang anda lakukan kemungkinan hal tersebut dikarenakan aktifitas olahraga yang anda lakukan banyak menggunakan otot pinggang sehingga setelah berolahraga otot pada bagian tersebut terasa nyeri.bila benar hal tersebut penyebabnya anda bisa melakukan pemanasan yang benar sebelum berolahraga dan tidak terlalu memforsir olahraga yang anda lakukan.

 

2.Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun.Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Pada laki-laki puncak pertumbuhan umumnya terjadi pada usia 16-20 tahun. ang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. Tidak diperlukan suplemen dalam hal ini apabila kebutuhan nutrisi Anda sudah cukup.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar