Sukses

ASI Eksklusif

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 34 tahun.
saya memiliki bayi laki-laki berusia 3 bulan, saat ini ia diberikan ASI ekslusif, apakah sampai usia 6 bulan bayi saya hanya diberikan ASI saja atau sudah bisa bayi diperkenalkan dengan air putih? terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan.Air putih juga tidak disarankan untuk diberikan pada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Air putih hanya diberikan untuk membersihkan mulut bayi setelah minum ASI agar tidak terjadi penumpukan susu di rongga mulut yang dapat berujung menjadi terbentuknya jamur. Pemberian air putih berlebihan juga dapat menyebabkan keracunan air.

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Yang Maha Kuasa untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. ASI memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

  • meningkatkan kecerdasan bayi
  • mengurangi risiko penyakit jantung
  • mengurangi risiko obesitas
  • mengurangi risiko kanker
  • mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan diare
  • membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama, terutama dalam kondisi yang membuat stres (jurnal Archives of Disease in Childhood
  • mengurangi kejadian alergi pada anak

Makanan-makanan tiruan untuk bayi berupa susu formula tidak ada yang mampu menandingi keunggulan ASI. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Apabila bayi diberikan makanan tambahan di bawah usia 6 bulan, maka ada kemungkinan bayi dapat mengalami gangguan pencernaan maupun alergi. Hal ini disebabkan sistim pencernaan bayi yang masih belum sempurna dan begitu pula sistim kekebalan tubuh pada bayi. Invaginasi atau salah satu penyakit pada bayi yaitu usus bayi masuk ke dalam ususnya yang lain akibat pengenalan makanan padat sebelum waktunya dapat mengancam nyawa bayi. Invaginasi membutuhkan terapi operasi.

Ketimbang memberikan susu formula, akan lebih baik jika bayi diberikan ASI karena manfaat yang banyak bagi bayi dan Ibu.

Keuntungan memberikan ASI bagi Ibu adalah :

  • Menambah panjang kembalinya kesuburan pasca melahirkan, sehingga dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami
  • Ibu lebih cepat langsing. Penelitian membuktikan bahwa ibu menyusui enam bulan lebih langsing setengah kg dibanding ibu yang menyusui empat bulan

Sebenarnya, jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Maka jika pada awal-awal masa menyusui, ASI Ibu tidak lancar maka tidak perlu khawatir karena dengan semakin sering mneyusui maka produksi ASI dapat semakin bertambah.

Untuk informasi lengkap mengenai Masa Menyusui, kami sertakan artikel;

Masa Menyusui

Manfaat ASI bagi Bayi

Cara Menyusui Bayi yang Benar

Cara Menyusui Bayi yang Benar II

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar