Sukses

Testis Anak Belum Turun

19 Oct 2014, 11:56 WIB
Pria, 32 tahun.
dok. saya punya anak laki2. dan testis yg satu belum turun skrg usia 7 bulan selama ini di kasih obat sama dokter anak saya.. tp sampe skrg testisnya belum turun. bagaimana dok kami kwatir bgt.. apa yg harus kami lakukan..??
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

ada  kondisi di mana testis belum ada di tempatnya (skrotum); namun berada di rongga abdomen, dapat didiagnosis sebagai cryptorchidism/undesensus testes atau retraktil testis. Sangat sulit membedakan retraktil testis dengan undesensus testes secara klinis. Pada bayi laki-laki, testis biasanya turun sebelum usia 3 bulan.

Retraktil testis terjadi karena terjadi respon refleks berlebihan yang menyebabkan testis tidak berada di tempatnya. Pada retraktil testis tidak diperlukan tindakan pembedahan karena keluhan akan hilang dengan sendirinya pada saat pasien menginjak masa pubertas atau dengan manipulasi agar testis turun ke dalam skrotum.

Cryptorchidism/undesensus testes dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormonal pada bayi. Selain itu, kelainan genetik seperti Sindrom Klinifelter  juga dapat memicu terjadinya undesensus testes. Namun, kebanyakan penyebabnya tidak diketahui. Pada cryptorchidism/undesensus testes, testis akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan.

Jika tidak segera didiagnosis dan dilakukan penanganan yang tepat, baik retraktil testis maupun cryptorchidism/undesensus testes dapat menyebabkan timbulnya infertilitas dan keganasan dalam perkembangannya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar