Sukses

Tinggi Badan

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 20 tahun.
Assalammu'alaikum Dokter, Umur saya sebentar lagi 20 tahun, tetapi mengapa pertumbuhan saya sepertinya kurang normal seperti tinggi badan 168 cm tapi bahu saya tidak lebar sehingga terlihat seperti masih "anak-anak" atau remaja 17 atau 16 tahunan, wajah saya juga seperti terlihat masih muda sekali bahkan yang membuat saya merasa kecil hati saya yang sudah kuliah semester 5 ini dikira masih SMA bahkan SMP, sungguh membuat saya kecil hati, lalu alat kelamin saya menurut saya kecil karena panjang sekitar 11 dan diameter sekitar 4 saat ereksi. memang dulu saya kurang memperhatikan konsumsi gizi dan nutrisi tubuh, bahkan sekarang saya merasa tubuh saya tidak sekuat orang sebaya saya. Apakah yang seharusnya saya lakukan? apakah meminum suplemen hormon testoteron atau apa? dan apakah saya masih bisa berkembang menurut kedokteran? Terimakasi jika dokter mau membalas pertanyaan saya dan merahasiakannya dengan tidak menyebut nama saya, terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun.Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Pada laki-laki puncak pertumbuhan umumnya terjadi pada usia 16-20 tahun. Saat ini Anda telah berusia 20 tahun, namun tidak menutup kemungkinan tinggi Anda masih akan terus bertambah hingga Anda berusia 21 tahun. Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. Tidak diperlukan suplemen dalam hal ini apabila kebutuhan nutrisi Anda sudah cukup.anda juga dapat mencoba olahraga yang bersifat pembentukan otot seperti push up,sit up,angkat beban dan sebagainya untuk membentuk badan anda.

 

Belum ada studi yang meneliti ukuran penis rata-rata orang Indonesia, namun umumnya tidak jauh berbeda dengan ukuran penis yang ditemukan pada satu wilayah regional Asia, yaitu 8-11 cm saat tidak ereksi dan 12-14 cm saat ereksi dengan diameter rata-rata sekitar 3,2 cm. Penis dianggap kecil (abnormal) jika panjangnya kurang dari 7,6 cm saat mengalami ereksi (mikropenis).

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar