Sukses

Keluhan Telinga Setelah Naik Pesawat

20 Oct 2014, 09:23 WIB
Pria, 22 tahun.
DOk saya baru saja naik pesawat lalu telinga saya terasa peka,dan pada saat itu saya sedang Flu ,saya berpikir karna tekanan udara saja tetapi sampai di rumah telinga saya masih peka(seperti tertutup sesuatu) bagaimana solusinya dok..?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan pendengaran saat naik pesawat atau ke daerah dingin memang sering terjadi. Pada kedua keadaan tersebut terjadi perubahan tekanan yang tiba-tiba yang menyebabkan tuba eustachius gagal membuka. Keadaan ini dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam gendang telinga. Keluhannya biasa berupa pendengaran berkurang, mendengar suara sendiri lebih besar, perasaan ada air dalam telinga dan kadang-kadang disertai suara berdenging pada telinga dan pusing tujuh keliling.

Keluhan telinga peka yang Anda sebutkan apakah maksudnya telinga Anda seperti terasa penuh/tertutup/berdengung? Jika ya, maka keluhan ini dapat disebabkan salah satunya karena pilek & batuk berdahak. Apakah Anda sedang mengalami flu? Dapat juga disebabkan karena liang telinga Anda yang tertutup oleh kotoran telinga.

Bila terjadi infeksi dapat menimbulkan keluhan keluar cairan (nanah) dari telinga. Selama tidak ada infeksi di jalan napas atas, keadaan ini dapat diatasi dengan melakukan perasat Valsalva (seperti pada waktu mengunyah permen karet, menguap, menelan, dsb), terutama saat pesawat terbang mulai turun untuk mendarat.

 

Untuk keluhan telinga  Anda, jika keluhan berjalan dalam waktu lama maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan fisik langsung.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar