Sukses

HPHT

20 Oct 2014, 03:41 WIB
Wanita, 29 tahun.
dokter,,,saya haid tgl 7 tepat hr pernikahan kami dan hari terakhir haid tgl 10, setiap bulan sy haid maks hanya 3 hr saja, pada hari ke 4 haid yaitu tgl 11 sy sdh berhubungan intim dng suami selama 4 hari berturut2, setelah itu sy tdk berhub lagi, apakah kehamilan akan terjadi? karena sy blm mengerti perhitungan masa subur. tks
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebelumnya kami ingin bertanya bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?apakah teratur atau tidak?

Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

Jika siklus haid Anda yang teratur, maka perhitungan masa subur Anda adalah sekitar 14 hari sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari).

Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar