Sukses

Usia Kehamilan

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dok,awalnya saya kb pil, mulai bulan agustus saya sudah tidak minum pil kb. saya mens terakhir tanggal 8 nop 2011, tgl 1 des saya keluar flek, saya kira flek akan mens, akhirnya saya ke dokter kandungan dan di USG, kemudian saya diberi profertil dan vitamin E. yang saya tanyakan, apakah kehamilan usia awal tidak bisa diketahui padahal sudah menggunakan USG 4 dimensi? Apa efek pil penyubur dan vitamin E yang saya konsumsi padahal saya sudah hamil? apa akibat jika diawal kehamilan ada flek dan pernah keluar darah?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat

terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebelumnya kami ingin bertanya apakah anda sudah dinyatakan hamil oleh dokter yang memeriksa anda?karena di informasi yang anda sampaikan kepada kami,anda tidak mengatakan bahwa anda telah dinyatakan hamil oleh dokter.

Obat yang diberikan kepada anda biasa diberikan pada wanita yang memiliki gangguan ovulasi (pengeluaran sel telur). Obat ini bekerja mempengaruhi pengeluaran hormon yang merangsang pembentukan folikel sel talur dan merangsang ovulasi. Kedua obat ini merupakan obat yang dikonsumsi atas anjuran dokter spesialis kandungan dan kebidanan atas indikasi tertentu. Penggunaan obat-obatan ini harus dalam pengawasan dokter dan tidak dapat dikonsumsi sendiri.

Usia kehamilan dapat dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT) anda. Perhitungan dengan cara inipun hanya dapat dipercaya (valid) apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan normal selama 6 siklus terakhir yaitu sekitar 28 hari.  Bagaimana dengan siklus menstruasi Ibu? Apabila siklus Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid. Selain itu ada juga perdarahan dalam bentuk flek yang mungkin salah diperkirakan sebagai darah menstruasi. Flek tersebut sebetulnya merupakan tanda implantasi (perlekatan janin ke rahim. Dalam keadaan ini dapat digunakan perkiraan usia gestasi dengan USG. Perhitungan ini paling baik jika dilakukan pada triwulan pertama. Disamping  berdasarkan hari pertama haid terakhir, usia kehamilan juga dapat ditentukan dengan melakukan  pemeriksaan USG Kehamilan.
Pada kasus dengan siklus menstruasi kurang teratur maka perkiraan usia kehamilan akan lebih akurat melalui pemeriksaan USG dengan mengacu pada pertumbuhan janin.  Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

Umumnya kantung kehamilan sudah dapat dideteksi pada usia kehamilan 4 minggu. Sedangkan janin dan denyut jantung janin dapat diketahui saat usia kehamilan 6 minggu dengan bantuan USG doppler dan lebih jelas pada usia kehamilan 7 minggu.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar