Sukses

Nyeri Perut Kanan

19 Oct 2014, 11:14 WIB
Wanita, 25 tahun.
asssm......... dok,saya mu tanya sudah 2 bln ini istri saya mengeluh nyeri/sakit pada perut sebelah kanan.klo d buat jan,sholat or tidur dgn posisi telentang sakit. menurut dokter itu sakit apa ya ,dan langkah apa yg sebaiknya saya lakukan??? masalahnya saya gak ingin salah ngambil keputusan,sebelumnya terimakasih dok..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

Namun sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus serta organ reproduksi. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll)  dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut. 

Bagaimana dengan istri Anda? Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan demam atau mual/muntah? Apakah terdapat keluhan terhadap BAB (buang air besar)? Apa yang dilakukan untuk mengatasi nyeri dan bagaimana hasilnya?

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan istri Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Kami memiliki keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, sedangkan diagnosis penyakit tidak dapat ditentukan tanpa pemeriksaan-pemeriksaan tersebut. Diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis Anda. Bila memang hasil pemeriksaan baik-baik saja dan normal sehingga tidak ditemukan masalah pada sistem pencernaan, sistem reproduksi, maka perlu dipertimbangkan sistem otot, tulang dan saraf.

 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar