Sukses

Perenganan Otot

06 Aug 2015, 07:35 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, saat ini saya hamil anak ke 2. Di kehamilan ke 2 ini lebih banyak keluhan, seperti saat ini daerah pangkal paha kaki kanan saya terasa nyeri sehingga sulit untuk digerakkan/diangkat, saya konsultasi ke dokter kandungan & beliau berkata ini disebabkan peregangan otot karena janin bertambah besar. Jika demikian apakah nantinya akan berpengaruh pada proses persalinan ya? karena saya pengennya melahirkan normal

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Peregangan otot dalam kehamilan memang wajar terjadi, namun biasanya terjadi pada otot perut, pinggang dan punggung. Otot dipersiapkan lebih meregang untuk kompensasi selama kehamilan dan menghadapi persalinan. Namun peregangan otot tidak lazim terjadi pada otot paha, walaupun kondisi ini tetap bisa saja terjadi.

Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun sayangnya kami memiliki keterbaasan dalam fasilitas pemeriksaan. Untuk itu kami anjurkan anda kembali berdiskusi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda.

Sementara itu yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala yang ada, yaitu;

  1. Peregangan otot yang ringan seperti dengan berenang.
  2. Bila beraktivitas saat duduk maupun berdiri sebaiknya dalam posisi tegak.
  3. Hindari untuk berdiri terlalu lama. Bila harus berdiri terlalu lama, maka perlu diselingi dengan istirahat dengan berbaring miring dengan mengalaskan kaki dengan bantal.
  4. Gunakan sepatu yang nyaman dan hindari sepatu hak tinggi.
  5. Bila perlu, lakukan pemijatan ringan pada bagian paha atau mandi/berendam dengan air hangat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar