Sukses

Makanan Bayi

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 31 tahun.
Pagi dok, mau tanya ya. anak saya berumur 3bln 11 hari. sejak umur 2 bulan sudah tidak asi lagi krn puting saya masuk. Sebenarnya anak saya mau (maaf) nyusu, tapi karena ibu mertua dan suami saya panikan. pertanyaan saya : 1. Apakah benar bayi yang minum sufor harus dikasih makan diumur kurang 6 bulan? alasan mertua saya karena bayi saya tidak dapat asi ekslusif maka membutuhkan asupan makan. 2. Apakah benar bayi yang diberi makan diusia 6 bulan bila sudah berumur diatas 1 tahun akan sulit makan? 3. Apakah benar bila bayi dibawah 6bln sudah dikenalkan dengan mpasi, makan diusia 6 bulan dia sudah bisa makan bubur kasar? terima kasih atas jawabannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

1.WHO menganjurkan untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan karena ASI merupakan makanan dengan nutrisi terbaik. ASI diberikan secara eksklusif dengan pertimbangan karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Setelah itu, selanjutnya anak diperkenalkan terhadap makanan padat secara perlahan-lahan; mulai dari yang cair, setengah padat hingga padat.Apabila bayi diberikan makanan tambahan di bawah usia 6 bulan, maka ada kemungkinan bayi dapat mengalami gangguan pencernaan maupun alergi. Hal ini disebabkan sistim pencernaan bayi yang masih belum sempurna dan begitu pula sistim kekebalan tubuh pada bayi.

2.memberi makanan padat pada bayi di bawah usia 6 bulan dapat berbahaya karena saluran pencernaannya yang belum sempurna.Efek berbahaya lain dari makanan padat sebelum waktunya adalah terjadi invaginasi yaitu usus masuk ke dalam usus lain dengan gejala BAB lendir dan berdarah, dengan nyeri perut yang menyebabkan anak menjadi gelisah dan sering menangis. Invaginasi berbahaya bagi bayi dan apabila terjadi harus segera dilakukan tindakan operasi.

 

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar