Sukses

Kulit Kering

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 24 tahun.
Selamat pagi dok, saya mempunyai masalah dengan kulit wajah saya!!Kulit wajah saya jenis kulit kering,dan saya mempunyai riwayat penyakit dermatitis atopik. Yang saya mau tanyakan, kulit saya kering tapi kok muncul jerawat kecil, tp tidak banyak, dan hanya menyerang bagian pipi sebelah hidung!! jerawatnya kecil, setelah yg satu sembuh ada lagi yg keluar!!pori" dikulit bagian pipi sebelah hidung memang agak besar dok.. apakah itu mempengaruhi tumbuhnya jerawat pada saya?? padahal setau saya kulit kering jarang terkena jerawat!! solusi dokter utk mengecilkan pori" tersebut apa dan utk mencegah jerawat itu tumbuh apa?? Terima Kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Perawatan kulit kering yang penting adalah menjaga kelembaban kulit, misalnya memakai lotion pelembab. Hindarilah penggunaan sabun mandi antiseptik, sebagai penggantinya gunakanlah sabun mandi yang dapat menjaga kelembaban kulit Anda.
Terlalu banyak disabun akan mengangkat kelembaban alami dari kulit. Cuaca yang kering, dingin dapat menambah kekeringan kulit. Riwayat atopi atau alergi juga dapat menyebabkan kekeringan kulit. Yang sebaiknya anda lakukan adalah menggunakan air hangat dan sabun dengan pH netral . Sesudah mandi, oleskan pelembab ke seluruh kulit karena waktu tersebut adalah waktu yang terbaik. Pelembab dapat dioleskan sering dengan kulit kering (4-5 kali sehari bila sangat kering) karena kulit yang kering dapat menyebabkan gatal-garuk- yang berakibat luka dari kulit. Jangan menggosok terlalu keras, baik ketika mandi, mengeringkan dengan handuk (jangan digosok, cukup dilekatkan), maupun ketika membalurkan pelembab (searah dengan arah tumbuhnya rambut). Hindari udara dingin (memakai jaket dan kaos kaki) dan hindari bedak yang dapat mengiritasi kulit. Apabila tidak ada perbaikan juga maka sebaiknya mengkonsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin
 
Berikut kami sertakan artikel yang semoga dapat bermanfaat bagi anda :
 
Jerawat pada kulit umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak dilapisan tengah kulit.Yang  dipengaruhi iklim, kosmetik, faktor keturunan, peningkatan jumlah hormon (pada masa menjelang menstruasi), debu, dan makanan berlemak (junk food), seringkali menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit yang akan menimbul jerawat pada kulit.

Mengenai obat yang disarankan, sebaiknya diberikan setelah melalui pemeriksaan wajah secara langsung terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Setiap kasus jerawat memiliki keunikan tersendiri, hal ini dikarenakan jerawat memiliki berbagai tipe jerawat dengan penanganannya yang berbeda-beda. 

Tindakan terpenting yang dapat Anda selama belum melakukan pemeriksaan ke dokter adalah membersihkan kulit wajah dengan sabun yang pH-nya normal (pH 6-7) 3x/hari dan hindari terlalu sering memegang wajah. Untuk mencegah timbulnya jerawat, kuncinya adalah hidup bersih dan makan dengan pola makanan bergizi. Sisanya cukup hindari penggunaan kosmetik yang berganti-ganti merk, gunakan produk kecantikan yang non-comedogenic (tidak mencetuskan komedo)

 
Demikian informasi yang dapat kami berikan
Salam
Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar