Sukses

Batuk Pada Malam dan Pagi Hari

19 Oct 2014, 11:35 WIB
Wanita, 4 tahun.
Anak saya sudah 1,5 bulan batuk berdahak dan pilek, kambuh terutama di malam dan pagi hari, sampai sekarang masih belum sembuh, sudah periksa dokter, diberi obat pengencer dahak, antibiotik dan anti alergi.. obatnya sudah hampir habis, tapi betuk pilek masih tetap, pemberian obat sudah diberikan selama 12 hari ke belakang, apa baiknya yang harus saya lakukan sekarang? terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter


Ibu/ Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Batuk yang berulang dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi virus (bronkiolitis), TBC, asma, dan alergi. Masing masing penyebab memiliki karakteristik masing-masing.  Mengingat batuk ini terus menerus berulang, ada baiknya dilakukan pemeriksaan penunjang sebagai alat pembantu diagnosis, seperti foto rontgen thorax ataupun tes alergi guna mencari pencetus yang jelas dari penyebab batuk pada anak Anda.

Apakah terdapat riwayat alergi dalam keluarga Anda? Batuk-batuk pada Anak, terutama yang terjadi pada pagi dan malam hari atau saat tertentu ketika suhu udara dingin mungkin diakibatkan karena hiperreaktivitas bronkus. Pada saat udara dingin maka saluran pernapasan akan berespon mengeluarkan lendir untuk menghangatkan dan menjadi lebih reaktif untuk mengeluarkan lendir tersebut. Sering kali yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan pakaian hangat pada buah hati Anda, dan atau mengoleskan cairan/minyak penghangat. Namun, hiperreaktivitas bronkus dapat merupakan titik perjalanan awal dari penyakit asma jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat alergi. Bila demikian, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar