Sukses

Gigi Anak

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 1 tahun.
dokter yg baik. anak saya laki-laki usia 1,5 tahun. sudah tumbuh gigi atas depan 4 bawah depan 4. hingga usia 1 tahun saya jaga tidak makan gula supaya giginya tidak mudah keropos seperti kakaknya dulu. tapi saya lihat pada gigi atas sudah nampak karies (warna putih kekuningan tebal pada bagian dekat gusi). bagaimana caranya supaya tidak menjadi keropos? tks
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Gigi  bagian depan yang mengalami karies adalah ciri khas karies yang disebabkan kebiasaan anak minum susu dengan botol terutama saat menjelang tidur, dan anak tertidur dengan kondisi sisa susu masih menggenangi permukaan gigi. Sisa susu ini merupakan "makanan" bagi bakteri, terutama susu formula umumnya tinggi kandungan gula. Ditambah lagi sisa susu tersebut tidak dibersihkan dan tetap ada selama anak tidur. Lama kelamaan gigi anak grepes.Bagaimana dengan anak anda?

Bagaimana tampilan dari lesi yang Anda curigai sebagai karies tsb, apakah seperti bercak kecoklatan pada permukaan depan gigi? Bagaimana dengan gigi yang sudah tumbuh di rahang bawah apakah terlihat kondisi yang menyerupai gigi atas, yang Anda ?  Lesi tersebut belum tentu karies, bisa saja terjadi karena adanya gangguan pada saat pembentukan email gigi, sehingga timbul semacam bercak kecoklatan. Namun tentunya harus dipastikan secara klinis, apa yang sesungguhnya terjadi pada gigi anak Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda periksakan anak Anda ke dokter gigi, dan lebih baik lagi jika dikonsultasikan ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA) yang lebih mendalami gigi anak secara komprehensif. Setelah pemeriksaan, baru dapat ditentukan langkah apa yang harus diambil untuk menanganinya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar