Sukses

Testis Tidak Ada

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 22 tahun.
dari pertanyaan yg saya tuliskan tadi..saya juga agak sedikit aneh dg kantung kemaluan saya (zakar). buah zakar saya cuma satu,. dan jawaban dokter adalah Sejak kapan buah zakar anda hanya sebelah?apakah keadaan ini baru baru ini atau sudah dari dulu? sejak lahir dok buah zakar saya satu, dan yg sebelah kanan kecil sekali dan susah antara ada atau tidak ada. dan kemaluan saya juga kecil saat tidak tegak, sebesar jempol tangan dan pendek. dan saat tegak panjang nya sekitar telunjuk orang dewasa normal.dan agak bergeser kesebelah kiri, tidak di tengah-tengah.apakah ini akibat hernia atau 'turun bero.? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


 

Testis yang belum ada di tempatnya dapat didiagnosis sebagai cryptorchidism/undesensus testes atau retraktil testis. Sangat sulit membedakan retraktil testis dengan undesensus testes secara klinis.  perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk membedakannya. Kami sarankan anda ke dokter spesialis urologi untuk diperiksakan.

 

Pada retraktil testis tidak diperlukan tindakan pembedahan karena keluhan akan hilang dengan sendirinya pada saat pasien menginjak masa pubertas atau dengan manipulasi agar testis turun ke dalam skrotum. Pada cryptorchidism/undesensus testes, testes akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan.

 

Jika tidak segera didiagnosis dan dilakukan penanganan yang tepat, baik retraktil testis maupun cryptorchidism/undesensus testis dapat menyebabkan timbulnya infertilitas dan keganasan dalam perkembangannya.

 

Belum ada studi yang meneliti ukuran penis rata-rata orang Indonesia, namun umumnya tidak jauh berbeda dengan ukuran penis yang ditemukan pada satu wilayah regional Asia, yaitu 8-11 cm saat tidak ereksi dan 12-14 cm saat ereksi dengan diameter rata-rata sekitar 3,2 cm. Penis dianggap kecil (abnormal) jika panjangnya kurang dari 7,6 cm saat mengalami ereksi (mikropenis).

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar