Sukses

Siklus Haid

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dear Docter, Waktu SMP - SMA saya punya kebiasaan buruk *maaf mastrubasi ketika sedang haid. Tidak memasukkan benda2 kedalam kelamin, hanya melakukan gesekan2 dgn softex atau jari, tekanan air selang ketika cebok. Lama2 kelamaan kok darah haid saya jadi sedikit setiap datang bulan nya. Seperti tertahan. Yang tadi nya saya biasa haid sampai seminggu, malah jadi 2-3 hari saja. Tapi tanggalnya tidak pernah terlambat alias normal. Saya sudah sering bahkan sampai saat ini masih rutin memeriksakan ke dokter kandungan mengenai gangguan haid saya itu, dan tidak di temukan adanya kelainan dalam kandungan saya. Tapi pernah saya mencoba tes menggunakan kertas tes yang saya dapatkan dr membeli sebuah produk tampon (ANION)sperti test pack utk hamil, tp ini untuk melihat kondisi kewanitaan apakah ada inflammation dan seberapa parah iinflammation nya. Saya ambil sedikit cairan kelamin saya lalu saya letakkan di kertas test tsb (Color Contrastive Form) dan kemudian berubah warna menjadi coklat tua yang mana warna tsb menurut Color Contrastive Form nya menunjukkan adanya Serious Inflammation. Tapi slama saya sering periksa ke dokter kandungan dokter tidak pernah bilang ada yang tidak beres. Saya memang tidak menceritakan mengenai kebiasaan buruk saya tsb dan mengenai tes inflmmation ke dokter. Saya malu. Dan saya jg sdh menjalani semua tes penyakit kelamin seperti anti HIV anti HPV dan penyakit2 kotor lainnya, dan semua hasil normal. Saya jadi bingung Dok. Saya harus bagaimana untuk mengobati kelainan haid saya ini. Karena kondisi darah kotor yg jumlahnya keluarnya sedikit itu mulai membuat kulit saya jd tidak sehat dan pernah sampai menimbulkan FAM di payudara kiri saya. Mohon penjelasan dan arahan dokter untuk pengobatan kelainan saya ini. Terima Kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

jadi apabila anda haid hanya 2-3 hari masih dapat  terbilang dalam keadaan normal.

 

bila memang ada inflamasi apakah anda mengalami gangguan seperti perih atau panas pada organ kelamin, atau bahkan keputihan abnormal?

 

Untuk menjaga siklus haid, cobalah beberapa tips dibawah:

  • Hindari Aktifitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus haid. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka haid tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan.

Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

  • Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron.

Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat  menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

  • Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada.

Hindari minuman bersoda, minuman keras apalagi rokok. Mulailah dengan menjaga pola makan yang berkualitas. Yang penting bukan kuantitasnya, tapi kualitas nutrisi yang ada di setiap makanan atau minuman. Mulailah mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan segar, sayur, gandum dan tinggalkan junk food dan makanan berlemak.Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas,Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu

 

 

Salam

 

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar