Sukses

Belum Haid Setelah Melahirkan

19 Oct 2014, 18:02 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok, Saya melahirkan anak pertama normal/spontan pada tanggal 30 juni 2011. Kemudian nifas dan lanjut pada menstruasi. Terakhir mentruasi (mulai tanggal 18 sept'2011).Dan saya belum menggunakan alat kontrasepsi (sekali dengan kondom). Yang saya tanyakan mengapa hingga saat ini saya belum mendapatkan mens lagi? Sudah saya check dengan testpack (pada pagi hari) hasilnya negatif (2 kali test dalam selisih waktu 1 minggu). Kira-kira apakah ini keadaan normal/ada yang menyebabkan itu? atau saya hamil lagi (meski saya masih menyusui) apa solusinya.. Tolong dibantu, Terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebelumnya kami ingin bertanya apakah menstruasi yang apakah darah yang keluar pada bulan september 2011 adalah menstruasi benar?apakah pada bulan oktober anda mendapat menstruasi lagi?Apakah selama ini siklus menstruasi anda normal?Kapan masa nifas anda berakhir?Apakah anda selama 6 bulan ini masih memberikan ASI eksklusif?

Karena ada kemungkinan darah yang keluar pada bulan september adalah Lokia atau darah yang keluar pada saat nifas.bila memang darah tersebut adalah lokia maka anda tidak perlu khawatir bila belum mendapat menstruasi kembali.

Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak Anda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




    0 Komentar

    Belum ada komentar