Sukses

Tumor Parotis
16 Oct 2014, 16:32 WIB
Pria, 25 tahun.
salam sejahtera dok, istri saya mengidap penyakit tumor kelenjar ludah, dan ingin segera dioperasi. tapi keadaan dia sekarang lagi hamil 7 minggu, Apakah proses operasi pengangkatan tumor tersebut dapat mengganggu terhadap janin yang dikandungnya dok?. terima kasih atas bantuan, dan sarannya..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kelenjar parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur yang terbesar. Tumor parotis ada yang jinak dan ada yang ganas. Keganasan tumor parotis sangatlah jarang, hanya 1-2 kasus/100.000 orang. Kanker ini umum terjadi pada wanita dengan rentang usia 30-70 tahun

Terapi untuk tumor parotis adalah dengan cara operasi baik superfisial maupun total parotidektomi tergantung dari stadium dan histologi tumor. Tumor yang invasif atau menyebar ke organ lain terkadang membutuhkan pengangkatan organ tersebut. Terapi radiasi dan kemoterapi dibutuhkan untuk kanker dengan stadium akhir atau tumor yang kambuh kembali.

Namun, terdapat banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh seorang dokter sebelum melakukan pengangkatan tumor tersebut. Operasi pengangkatan tumor parotis (atau dikenal dengan parotidektomi) bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena pada kelenjar parotis terdapat nervus facialis (persarafan wajah) dimana kerusakan pada nervus fasialis akibat tindakan operasi dapat menimbulkan komplikasi berupa kelumpuhan saraf wajah. Disamping itu, dokter juga menilai keuntungan dan kerugian dari dilakukannya tindakan operasi tersebut.


Kami sarankan anda mendiskusikan secara langsung hal tersebut dengan dokter spesialis bedah onkologi dan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani istri anda selama ini dan mengetahui secara langsung kondisi istri anda.

 

Demikian Informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar