Sukses

Sakit Jantung kah?

16 Oct 2014, 16:29 WIB
Pria, 35 tahun.
Salam Dok, saya mau nanya , saya sudah melakukan test EKG, tes darah Berulang-ulang, CT-Scan 64 slide dan sudah berulang ke Dokter Spesial Penyakit Dalam dan Terakhir ke Spesialis Jantung (riwat saya sudah saya sampaikan pada 5 pertanyaan Sebelumnya)dan Semua Mengatakan Jantung Saya Sehat, Tetapi mengapa dada saya masih sering terasa sakit (beberapa detik saja, dan sakitnya tidak sampai sesak dan hanya kayak nyilu sedikit di dada kiri dan kemudian hilang) dan itu pun jika saya lagi kerja ataupun santai, dan jika olah raga (aerobic dan Bersepeda) tidak merasakan sakit dada, hasil Test 3 minggu lalu semuanya normal (LDL : 116, Kolesterol total : 175 Trigle : 118 ) dibawah Standart Semua Hanya HDL saya 36 mg/dl menurut labotaorium masih normal tertulis di lab >35 mg/dl. Tetapi saya baca di artikel seharusnya >40 mg/dl dan uric acid 7,4 standart lab 7, saya menemui dokter spesialis dalam lagi dan tidak masalah dan saya diberi obat lambung lagi. Apakah yang harus saya lakukan dok untuk meyakinkan jantung saya sehat? Dan menurut dokter hasil lab terkhir saya tersebut? Terima Kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Keluhan seperti yang Anda sebutkan (sakit pada dada) dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

 

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang Anda rasakan? Berapa lama biasanya rasa sakit atau nyeri pada dada kiri Anda rasakan? Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, diperlukan informasi tambahan lain seperti, bagaimana sifat nyerinya, bertahan berapa lama, apa pemicu timbulnya, kapan hilangnya, dll. Apakah selama ini sudah mengonsumsi obat-obatan? Bagaimana hasilnya?

 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda?

 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

 

melihat dari hasil pemeriksaan EKG , pemeriksaan rontgen dada, dan pemantauan oleh dokter yang anda sampaikan kepada kami bahwa hasilnya tidak ada kelainan pada jantung sebenarnya sudah menandakan bahwa tidak ada masalah pada jantung anda.dan keluhan sakit dada kiri yang anda sampaikan bukan ciri khas dari nyeri dada yang disebabkan oleh gangguan pada jantung.

 

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 


 

Salam,

Redaksi Klikdokter

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar