Sukses

Keguguran

20 Oct 2014, 11:04 WIB
Wanita, 29 tahun.
To klik dokter: saya ingin bertanya tentang keguguran kandungan istri saya, yang berumur 5 minggu. janin pun sudah keluar dengan mudahnya. yang saya ingin tanyakan, apakah ada tindakan seperti halnya kiret yang harus istri saya jalani? walaupun setelah kejadian itu istri saya tidak ada keluhan yang dirasakan. Terimakasih sebelumnya untuk klik dokter, atas jawaban dan sarannya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter



Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion.

Bagaimana dengan keguguran istri anda?kapan tepatnya keguguran yang istri anda alami?Sudahkah anda periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan?bilsa sudah apa kata dokter yang memeriksa?bila dinyatakan rahim istri anda sudah bersih atau tidak ada sisa jaringan dalam rahim maka tidak perlu dilakukan kuret.Pemberian obat-obatan oleh dokter ditujukan untuk membersihkan rahim istri anda dari jaringan-jaringan dan darah yang mungkin masih terdapat di rahim. Pemeriksaan ulang setelah penggunaan obat-obatan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa rahim  benar-benar sudah bersih dari darah dan sisa jaringan janin.

Jika penggunaan obat-obatan tidak mampu mengeluarkan semua jaringan sisa di dalam rahim, dokter baru akan melakukan tindakan lebih lanjut dengan kuretase. Karena itu, penting untuk dilakukan pemeriksaan ulang oleh dokter  setelah anda mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan, untuk membantu dokter menentukan tatalaksana lebih lanjut yang harus dilakukan.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar