Sukses

Haid 6 Bulan Sekali

18 Oct 2014, 22:40 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok,,sebelumnya saya sudah bertanya tentang haid yang sampai 6bulan tidak datang,saya sudah melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan,dan beliau memberi saya pil anti oksidan untuk meningkatkan hormon saya, saya mau tanya dok,apakah setelah itu menstruasi saya bisa kembali ke siklus normal,..?apa saya bisa memiliki anak dengan siklus yang 6bulan itu dok,,? terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Tujuan dari pengobatan yang diberikan kepada anda agar siklus haid anda normal kembali.Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Pada tiap siklus dikenal 3 masa utama yaitu:

  1. Masa menstruasi yang berlangsung selama 2-8 hari. Pada saat itu endometrium (selaput rahim) dilepaskan sehingga timbul perdarahan dan hormon-hormon ovarium berada dalam kadar paling rendah
  2. Masa proliferasi dari berhenti darah menstruasi sampai hari ke-14. Setelah menstruasi berakhir, dimulailah fase proliferasi dimana terjadi pertumbuhan dari desidua fungsionalis untuk mempersiapkan rahim untuk perlekatan janin. Pada fase ini endometrium tumbuh kembali. Antara hari ke-12 sampai 14 dapat terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (disebut ovulasi)
  3. Masa sekresi. Masa sekresi adalah masa sesudah terjadinya ovulasi. Hormon progesteron dikeluarkan dan mempengaruhi pertumbuhan endometrium untuk membuat kondisi rahim siap untuk implantasi (perlekatan janin ke rahim)

 

Dengan siklus yang 6 bulan tentu saja susah untuk mendapatkan keturunan.Pada siklus menstruasi normal, terdapat produksi hormon-hormon yang paralel dengan pertumbuhan lapisan rahim untuk mempersiapkan implantasi (perlekatan) dari janin (proses kehamilan). Gangguan dari siklus menstruasi tersebut dapat berakibat gangguan kesuburan, abortus berulang, atau keganasan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    1 Komentar

    • Ven******ta Asih

      Selamat pagi dok...saya ani umur saya 25 Saya mau tanya dok.saya jarang datang bulan dok skrng juga sudah 6 bln gk datang bulan apakah saya bisa hmil dok?