Sukses

Tumbuh Kembang Anak

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 25 tahun.
assalamu'alaikum wr.wb. dokter sy memiliki anak laki-laki umur 8,5 bln, TB 60cm, BB 6,5kg (BB lahir 2,8kg). dia agak susah makan, minum susu jg tidak seberapa suka, selama 2 bln ini kenaikan berat badannya hny 1ons/bln, dia aktif (sdh bisa duduk, berjalan dg baby wolker, ngoceh 1/2 suku kata) tp dia belum bisa merangkak, jarang sakit (tp tdk bisa gemuk). pertanyaan sy : 1. apakah setiap anak selalu melewati tahapan merangkak? ; 2. apakah pertumbuhan berat badannya normal?; 3. sejauh mana pengaruh pertumbuhan badan (asupan makanan) dg kemampuan motoriknya?; 4.apakah perlu anak dbawah 1thn diberi vitamin penambah nafsu makan? 5.bagaimana mengetahui parameter/ciri-ciri anak yg mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya? untuk jawabannya sy ucapkan bnyk terima kasih, smg alloh membalas dengan syurgaNYA.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Pada umur 6-9 bulan, sang buah hati akan lebih interaktif dari sebelumnya, mulai menjelajahi lingkungan sekitarnya, dan lain sebagainya. Bayi akan mulai menunjukkan aktifitas:

  

Duduk (sikap tripod-sendiri)

Belajar berdiri, kedua kakinya menyangga sebagian berat badan

Merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang
Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya
Memungut 2 benda, masing-masing tangan memegang 1 benda pada saat yang bersamaan.
Memungut benda sebesar kacang dengan cara meraup
Bersuara tanpa arti, mamama, bababa, dadada, tatata
Mencari mainan / benda yang dijatuhkan
Bermain tepuk tangan / cilukba
Bergembira dengan melempar benda
Makan kue sendiri.

Bagaimana dengan anak anda?

 

Mengenai vitamin penambah nafsu makan,Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, dapat dibantu dengan pemberian suplemen multivitamin. Seperti yang telah disebutkan di atas, multivitamin tersebut terutama harus mengandung kompleks vitamin B dan vitamin C,  A, D, dll.

Untuk mengetahui tumbuh kembang anak anda (pertambahan berat dan tinggi badan,hal yang mempengaruhi tumbuh kembangnya,parameter tumbuh kembang,dll) Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang Balita yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar