Sukses

Kista ovarium

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok saya mau b'tanya, saya sedang hamil 13 minggu dan kandungan saya sudah d'USG kondisi janin sehat akan tetapi t'deteksi kista ovarium cenderung endometriosis saat p'meriksaan pertama janin usia 5 mggu 5 hr kondisi sehat & kista berukuran 5,5cm solusi dr spog adanya kista tdk masalah n tdk akan m'pengaruhi janin.Hasil USG pemeriksaan kedua usia janin 12 minggu kondisi sehat uk.BPD 21,3mm & kista berukuran 65,5 x 58,4mm berisi massa hiperetoik. solusi kedua dr spog mengatakan sebaiknya kista diangkat terlebih dahulu disaat kehamilan +/- 20 minggu, untuk mencegah agar tidak terpuntir. Pertanyaan saya apakah kista jenis itu bersifat jinak atau ganas ? apakah mungkin kista itu bisa sama besar uk.nya dengan uk janin ? apakah benar kista itu harus diangkat terlebih dahulu ? apakah kista itu jika diangkat pada saat persalinan dg cara caesar akan berpengaruh pada saya n janin ? thx dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru. 

Tetapi mengingat ukuran kista termasuk besar, maka untuk alasan kesehatan dan mencegah komplikasi adanya kista saat hamil sebaiknya dilakukan operasi untuk membuang kistanya dulu (kistektomi), tergantung jenis kistanya. Sekaligus diperiksa saluran telur saat operasi. Setelah itu baru diprogram hamil tergantung kelainan yg dijumpai.

 kista dengan ukuran yang besar  pasti merupakan kista abnormal (patologik) yang tidak akan bisa hilang dan juga harus dipastikan secara histopatologik jenis kistanya dan apakah jinak atau ganas, oleh karena itu harus dioperasi untuk pengangkatan kista. Secara USG dan petanda tumor ("tumor marker") dari darah sebenarnya sudah dapat diduga jenis kistanya sehingga bisa membantu menentukan apakah cukup kistanya saja yang diangkat atau harus indung telurnya juga atau apakah saat operasi harus dilakukan pemeriksaan potong beku jaringan kista untuk menilai tingkat keganasannya. Jadi untuk kista ovarium yang terkategori besar tidak ada cara lain kecuali harus diangkat.


Kami sarankan untuk tetap melakukan kontrol teratur dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemantauan terus menerus kondisi (ukuran) kista  Anda, sekaligus kondisi kehamilan Anda. Penanganan selanjutnya akan bergantung dari hasil pemeriksaan berkala Anda.

 

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar