Sukses

Kista Pada Kehamilan

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, setelah 2 tahun penantian alhamdulillah tgl 1, 2 dan 5 desember kemarin daya tes urine hasilnya positif semua dg testpack yg berbeda. tp kemarin saya usg telat 10 hari janin belum kelihatan, malah ada kista 4 cm di luar rahim. dokternya gk blg itu kista apa.cm blg "1 minggu kesini lg ya trz saya kasih penguat biar janinnya cepet kelihatan". Trz aq hrz gmn nih dok? itu gk bhayakan buat janin? trz makanan apa aja yg gk boleh dimakan klo ada kista? mohon jawabannya ya dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu /saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran anda terhadap kondisi anda dan kehamilan anda saat ini.

Kista dapat terbentuk dari beberapa macam penyebab, antara lain ketidakseimbangan hormonal, keganasan, merokok, pertama kali mendapat haid pada usia sangat muda, pajanan zat kimia tertentu, stres, kurang aktivitas, nutrisi kurang, berhubungan dengan kesuburan, dsb.

Dan sebelumnya menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai lokasi kistanya. Hampir semua kista pada ovarium yang ditemukan saat kehamilan bersifat jinak, bahkan beberapa dapat menghilang secara spontan. Namun masih terdapat kemungkinan keganasan, kista terpuntir ataupun robek yang tentunya dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Di sinilah letak pentingnya melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala agar dokter dapat memantau perkembangan kondisi kehamilan  Anda guna menentukan tindakan yang akan diambil selanjutnya.

Penanganan kista pada kehamilan bergantung pada jenis, ukuran dan gejala klinis yang ditimbulkan. Selama kista tersebut tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin serta tidak menimbulkan gejala klinis berat, seperti nyeri panggul maka tidak diperlukan tindakan apapun. Umumnya kista sederhana berukuran < 5 cm  dapat mengecil secara spontan selama kehamilan, sedangkan kista campuran memerlukan evaluasi lebih lanjut.  "Apakah yang dikatakan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai jenis kistanya?"

 

Yang dapat  Anda  lakukan saat ini adalah memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan calon bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang.  Dan setelah empat minggu (satu bulan) kami sarankan agar Anda kembali memeriksakan kondisi kehamilannya ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sesuai dengan anjuran dari dokter Anda. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa terapi yang sesuai sangat bergantung pada jenis, ukuran, dan gejala klinis yang ditimbulkan.

 

Berikut kami sertakan artikel tentang nutrisi selama kehamilan:

Nutrisi Kehamilan

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar