Sukses

Menurunkan Berat Badan

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 21 tahun.
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Wah, saya sangat mengucapkan terimakasih kepada klikdokter ini sangat-sangat membantu saya sekali..jawaban2 yang memuaskan..namun ada sedikit kebingungan ketika saya menafsirkan jawaban dokter,.hehhe. apakah, ada penyelesaian permasalahan mengenai keringat berlebih saya ini dengan cara yang lebih simpel dan mungkin makanan apa yang harus saya makan dan jauhi??? Oy, dok saya juga mau menanyakan mengenai masalah proporsi tubuh saya ini.. Tinggi badan & berat badan saya kan kurang proporsional.. hmm, apa yang harus saya lakukan agar saya bisa mempunyai tubuh yang proporsional selain berolahraga?apakah saya perlu mengurangi porsi makan saya? tetapi ketika saya mengurangi proporsi makan saya. saya sering pusing N merasa sangat lapar sekali... terimakasih mohon saranya dok.. wassalamu'alaikum...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sekilas akan kami jelaskan dahulu mengenai proses terjadinya  keringat hingga akhirnya timbul di permukaan kulit. Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat atau kelenjar sebasea. Kelenjar sebasea memproduksi cairan keringat atas perintah sususan saraf otonom yang dikendalikan secara otomatis atau tidak sadar oleh tubuh.

Keringat berlebih yang saat ini Anda alami disebut dengan hiperhidrosis.  Penyebab utama hiperhidrosis adalah stimulasi berlebihan sistem saraf simpatis.

Kondisi ini memiliki hubungan langsung dengan status mental (psikologis) seseorang dan lingkungan. Rangsangan stress ansietas (cemas) dan faktor-faktor psikologis yang mirip memiliki peran yang penting dalam memperberat kondisi ini. Namun, kondisi ini ini juga memiliki pengaruh genetik (keturunan).

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan antiperspiran. Apakah Saudara menggunakan deodoran? Jika iya, apakah jenis deodoran yang Saudara gunakan? Deodoran saja sebenarnya tidak dapat membantu mengurangi keluarnya keringat dari kulit, kecuali yang mengandung antiperspiran. Oleh sebab itu, pilihlah produk deodoran yang mengandung antiperspiran.selain itu Gunakan baju yang longgar agar keringat di tubuh cepat menguap dan kering,dan yang tidak kalah penting  Hindari berat badan berlebih.karena pada orang dengan berat badan berlebih memiliki kecenderungan lebih mudah berkeringat walaupun dengan aktifitas fisik yang sedikit.

 

Berdasarkan berat badan dan tinggi badan Anda, Indeks Massa Tubuh Anda termasuk overweight (kelebihan berat badan).

Pada prinsipnya yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi. Selain diberikan diet yang tepat, dapat juga diberikan obat untuk membantu menurunkan berat badan.

Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:


Tips Cara Mempercepat Bakar Kalori dan Lemak

10 Makanan Turunkan Berat Badan

Snack Malam Tingkatkan Berat Badan?

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

TIm Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar