Sukses

Jadwal Haid Tidak Teratur

20 Oct 2014, 03:20 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok, saya mau bertanya,siklus haid saya dari dulu memang tidak teratur, tetapi saya sudah tidak haid selama 3 bulan,, saya sudah konsultasi ke dokter lalu diberi obat primolut dan eturol,, kata dokter tunggu setelah obat habis lalu saya akan mens,tetapi obat tsb sudah mau habis dan saya belum merasakan tanda2 mens. Yang saya tanyakan, 1. Apakah ini berhubungan dengan kebiasaan merokok saya? 2. Saya masih ada kesempatan untuk memeilki anak tidak ya dok? karena saya dulu pernah hamil, lalu menjelang usia kehamilan 5 bulan janin saya meninggal di dalam dan terpaksa harus dikeluarkan, kata dokter rahim saya lemah dan waktu itu saya sering perjalanan jauh bolak balik menggunakan motor. 3. apakah obat yang diberikan sudah benar? 4. Bagaimana cara agar haid saya teratur dan saya cepat mempunyai momongan? 5. Apakah jika saya hamil, kemungkinan janin saya meninggal di dalam masih bisa terjadi? saya sangat takut sekali dok. Maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak, terimakasih atas perhatiannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea atau jumlah darah menstruasi sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa.

Penyebab terbanyak dari amenorea sekunder adalah kehamilan, setelah kehamilan, menyusui, dan penggunaan metode kontrasepsi disingkirkan, maka penyebab lainnya adalah:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.
  • Rokok dapat meningkatkan angka kejadian terjadinya amenorea sekunder (berhentinya siklus menstruasi), menyebabkan siklus menstuasi jadi tidak teratur, mempercepat waktu timbulnya menopause sekitar 1 hingga 2 tahun lebih awal

1.Wanita yang merokok akan mengalami efek samping , seperti meningkatkan risiko berbagai jenis kanker (seperti kanker paru, mulut, laring, faring, dll). Wanita yang merokok memiliki risiko 12 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker paru di bandingkan wanita yang tidak merokok, dan mereka memiliki risiko lebih tinggi hingga 10 kali untuk mengalami berbagai kelainan paru lainnya seperti bronchitis dan emfisema. Selain itu, terdapat beberapa efek rokok lainnya yang hanya dapat terjadi pada wanita, antara lain:

  • Rokok pada wanita yang menggunakan KB hormonal meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan berbagai kelainan pembuluh darah lainnya.
  • Rokok pada wanita hamil akan meningkatkan risiko terjadinya  bayi lahir prematur, keguguran, kematian bayi, bayi lahir dengan berat lahir yang rendah, abruptio plasenta, placenta previa, dan lainnya
  • Rokok dapat menurunkan kesuburan wanita.
  • Rokok dapat meningkatkan angka kejadian terjadinya amenorea sekunder (berhentinya siklus menstruasi), menyebabkan siklus menstuasi jadi tidak teratur, mempercepat waktu timbulnya menopause sekitar 1 hingga 2 tahun lebih awal.
  • Rokok dapat menurunkan kepadatan tulang sehingga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosisRokok meningkatkan risiko terjadinya penyakit periodontal dan kanker mulut, menimbulkan terjadinya pewarnaan pada gigi dan mempercepat timbulnya keriput pada kulit wajah.
  • Rokok dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker serviks (leher rahim) dan vulva.

2.Amenore sekunder memang dapat menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita, untuk itu, semakin cepat diketemukan penyebabnya maka dapat segera mendapatkan penanganan yang optimal.Kami sarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kondisi diri anda saat ini.

3.Primolut memang di indikasikan untuk amenorea sekunder.Sedangkan Eturol merupakan suplemen vitamin E yang dapat membantu menjaga kondisi tubuh.

4.Untuk mengatasinya, cobalah beberapa tips dibawah:

  • Hindari Aktifitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus haid. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka haid tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan.

Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

  • Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron.

Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat  menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

  • Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada.

Hindari minuman bersoda, minuman keras apalagi rokok. Mulailah dengan menjaga pola makan yang berkualitas. Yang penting bukan kuantitasnya, tapi kualitas nutrisi yang ada di setiap makanan atau minuman. Mulailah mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan segar, sayur, gandum dan tinggalkan junk food dan makanan berlemak.

Beberapa saran saya agar ibu lebih cepat hamil adalah menerapkan pola hidup sehat yaitu :

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup
  • Melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat
  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu

 

5.Keadaan ini bervariasi setiap individu, dan bukan berarti ibu dengan riwayat kehamilan seperti Anda akan kembali mengalami hal yang sama pada kehamilan berikutnya secara mutlak.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar