Sukses

Luka Pada Kaki

20 Oct 2014, 05:59 WIB
Pria, 25 tahun.
Assalamualaikum Dok, Ayah saya skrg lg sakit pd bagian kaki nya, setelah diperiksa sama Dokter setempat, katanya Abses, awalnya di kaki ayah saya bengkak, kmudian muncul tonjolan, setelah itu tonjolannya pecah, setelah itu, kaki ayah saya jd seperti yg borok, luka dan kakinya seperti busuk. saat ini setelah beberapa kali ke dokter luka nya udah agak kering, tp saya sebagai orang awam ga tega liatnya takut terjadi apa2. yg mau saya tanyakan apakah ga apa2 kondisi kaki ayah saya seperti itu? terima kasih sebelumnya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

 

Penyembuhan luka merupakan proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Lamanya memang bervariasi mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan, yang dapat dipengaruhi oleh:

  • faktor usia, orang yang berusia lanjut umumnya memiliki tingkat penyembuhan luka yang kurang baik
  • status gizi, terutama asupan protein dan vitamin C
  • ada/tidaknya infeksi
  • ada/tidaknya penyakit penyerta lain yang dapat mempengaruhi, misal: diabetes, gangguan pembuluh darah, anemia, dsb
  • penggunaan obat-obatan yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka, misal: obat golongan kortikosteroid, dsb

Jika kondisi tubuh ayah  Anda sehat, maka proses penyembuhan luka akan berlangsung baik. Untuk itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Pastikan ayah  Anda telah mendapatkan cukup asupan protein, vitamin C, dan vitamin A, serta tidak lupa untuk tetap memperhatikan pola makan dan aktivitas ayah Anda .

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari).  Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x / hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. Kassa juga dapat digantikan oleh serta silikon gel yang dipercaya dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Dan apabila luka disertai nanah, perlu diberikan pengobatan antibiotik.

Akan lebih baik apabila ayah anda berkonsultasi langsung dengan dokter ayah Anda untuk mengevaluasi kondisi luka ayah Anda saat ini. Dengan demikian, terapi dapat dilakukan secara lebih optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar