Sukses

Batuk

17 Oct 2014, 11:23 WIB
Pria, 24 tahun.
Saya saat ini mengalami batuk2, seperti ada yg gatal di tenggorokan. kemarin sudah beli obat untuk batuk non berdahak. tapi setelah obatnya habis, kok belum sembuh ya? ada saran?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Sudah berapa lama keluhan batuk ini anda rasakan?Batuk yang anda rasakan batuk kering ataukah berdahak?apakah ada keluhan lain selain batuk?apakah selama mengkonsumsi obat keluhan batuk yang anda rasakan berkurang?

Batuk merupakan salah satu dari 5 alasan tersering seseorang berobat ke dokter. Dengan banyaknya pilihan obat batuk di pasaran, sebagian besar orang telah mencoba untuk mengatasi sendiri keluhan batuknya.Sebagian jenis batuk dapat diatasi hanya dengan menggunakan obat batuk yang dijual dipasaran, namun pada sebagian kasus lainnya batuk ini dapat terus berlanjut dan tidak kunjung membaik.

Batuk yang terus berlanjut selama beberapa minggu dapat terjadi akibat batuk yang membandel ataupun akibat suatu penyakit lain yang lebih serius dan memerlukan pengobatan khusus. Batuk yang berlangsung selama lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan beturut-turut disebut sebagai sebagai batuk kronik atau batuk kronik berulang.Terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya batuk kronik, antara lain asma dan alergi, infeksi saluran napas, TB paru, gastroesophageal reflux disease (GERD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK ) yang terutama menyerang perokok, dll.

 

Bila memang keluhan yang anda rasakan tidak terasa membaik selama ini, kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih optimal.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar