Sukses

Hasil medical check up

16 Aug 2015, 08:51 WIB
Pria, 35 tahun.

Dokter Ysh., Saya baru saja menjalani annual medical check up, dengan hasil sbb:AST 42U/L range : 0-38,ALT 58U/L range : 0-41,Urea : 35mg/dL range : 10-50, Creatinine :1,27 range :0,7-1,2. Cholesterol total 204 mg/dL range : 0-200, Triglycerida : 110mg/dL range : 0-200, HDL-Chol : 45mg/dL range :35-55, LDL-Chol : 137mg/L range :150-190, Urid Acid : 8,5mg/L range : 3,4-7,0 Sebelumnya saya pernah mederita fatty liver dengan berat badan 90kg. Pertanyaan kami adalah: 1. Dengan hasil laboratorium seperti ini apakah saya masih menderita fatty liver, sehubungan dengan AST dan ALT masih out of range. 2. Apakah kolesterol saya sudah termasuk ideal, atau masih harus diturunkan lagi sehubungan dengan total kolesterol masih out of range juga. 3. Saat ini saya masih melakukan olahraga treadmill dengan cardio training, dengan Heart Rate saya set 148. Apakah ini masih dalam kategori aman. 4. Dari hasil lab, apakah performance ginjal saya masih bagus? Meskipun tidak ada keluhan, namun Creatinine juga melewati ambang batas. Apa artinya jika urea dan Creatinine tinggi, dan apa artinya jika rendah dibawah ambang batas. 5. jika ginjal saya bermasalah, terapi apa yang harus saya lakukan? 6. Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi sama sekali sehubungan dengan kondisi saat ini berdasarkan hasil lab. 7. Saat ini saya menderita fistula ani, dan satu (1) bulan yang lalu saya operasi (insisi) untuk mengeluarkan nanah dan darah. Berdasarkan informasi dokter bedah, saya akan dioperasi untuk kedua kali. Katanya akan menutup internal opening. Apakah ini termasuk operasi besar, dan berapa lama penyembuhannya? Terima kasih atas penjelasan Dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda satu persatu.

1. Dengan hasil laboratorium seperti ini apakah saya masih menderita fatty liver, sehubungan dengan AST dan ALT masih out of range.

Untuk menentukan kondisi kesehatan hati anda, diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan USG agar dapat melihat langsung kondisi hati. Jika pemeriksaan fungsi hati (AST/ALT) masih menunjukkan adanya peningkatan, artinya masih terdapat gangguan pada fungsi hati yang perlu dicari tahu penyebabnya (apakah masih berkaitan dengan fatty liver anda, atau adanya penyebab lain).

2. Apakah kolesterol saya sudah termasuk ideal, atau masih harus diturunkan lagi sehubungan dengan total kolesterol masih out of range juga.

Kada kolesterol dapat dikatakan ideal, apabila semua profil lemak (kolesterol total, TG, LDH dan HDL) anda dalam batas yang normal. Sedangkan hasil yang anda sertakan menunjukkan kadar kolesterol total yang masih tinggi.

Kolesterol merupakan suatu komponen esensial yang terdapat dalam semua membran sel manusia dan merupakan komponen struktural dari hormon steroid dan asam empedu. Tidak adanya kolesterol dalam tubuh akan mengakibatkan terganggunya beberapa fungsi tubuh dan bahkan dapat berakibat kematian. Itu sebabnya mengapa kadar kolesterol harus tetap dijaga dalam batas tertentu tidak boleh terlalu banyak dan juga tidak boleh terlalu sedikit.

Untuk mengatasinya, anda dapat terlebih dahulu merubah pola hidup menjadi gaya hidup sehat bebas. Upaya yang dapat anda lakukan;

  • Berhenti merokok
  • Jalani diet rendah kalori, kurangi asupan lemak total dan kolesterol
  • Batasi asupan lemak harian, tidak lebih dari 30% dari total kalori dan asupan kolesterol tidak boleh melebihi 300 mg perhari, asupan karbohidrat total 55-60% dari kebutuhan total harian. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai jenis dan jumlah makanan yang dianjurkan.
  • Hindari makanan yang berkadar gula tinggi.
  • Gunakan lemak jenuh tunggal, misalnya minyak zaitun untuk memasak.
  • Konsumsi buah dan sayuran sebanyak lima porsi atau lebih setiap hari untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin essensial dan serat.
  • Batasi konsumsi garam sebanyak lebih kurang 6 g/hari. Untuk pasien dengan hipertensi atau PJK, asupan garam sebaiknya dibatasi sampai 3 gr/hari atau kurang.
  • Konsumsi vitamin antioksidan, misalnya vitamin A, C, dan E, sesuai dengan jumlah yang dianjurkan, untuk membantu menurunkan kadar he,osistein dan mengatasi efek LDL yang teroksidasi.
  • Hindari konsumsi minuman berakoholsecara berlebihan.
  • Berolahraga secara teratur dan jalani gaya hidup sehat dengan diet rendah lemak dan kolesterol.
  • Jika pasien mengalami obesitas, upayakan untuk menurunkan kelebihan berat badan sampai mencapai kisaran berat badan normal sesuai usia.
  • Jika ada riwayat hiperlipidemia dalam keluarga, periksa kadar kolesterol darah secara berkala /rutin. Upaya ini dapat mencegah timbulnya komplikasi yang diakibatkan tingginya kadar kolesterol darah.
  • Konsumsi makanan yang mengandung serat yang dapat larut / soluble fiber misalnya kacang polong dan kacang merah.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung asam lemak omega -3 untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol, misalnya minyak ikan yang hidup diperairan air dingin (makarel, sarden, salmon). Makanan yang terbuat dari kacang kedelai (misalnya tahu, tempe) juga mengandung zat antioksidan yang dapat menurunkan kadar LDL.

3. Saat ini saya masih melakukan olahraga treadmill dengan cardio training, dengan Heart Rate saya set 148. Apakah ini masih dalam kategori aman.

Denyut jantung yang normal adalah kisaran 60-100 kali permenit dan akan mengalami pengingkatan saat sedang melakukan aktivitas. Peningkatan yang terjadi akan berbeda-beda tergantung berat ringannya aktivitas yang dilakukan.

Dalam kondisi anda, kami menilai peningkatan Denyut jantung anda dalam batas yang normal selama tidak ada keluhan yang anda rasakan pada saat melakukan aktivitas tersebut.

4. Dari hasil lab, apakah performance ginjal saya masih bagus? Meskipun tidak ada keluhan, namun Creatinine juga melewati ambang batas. Apa artinya jika urea dan Creatinine tinggi, dan apa artinya jika rendah dibawah ambang batas. 5. jika ginjal saya bermasalah, terapi apa yang harus saya lakukan?

Ureum dan kreatinin diperiksa untuk menilai fungsi ginjal. Berdasarkan nilai kreatinin, berat badan dan usia anda, Laju filtrasi glomelurus (LFG) anda adalah 91,8 ml/min/1,73m2. Nilai ini termasuk dalam batas yang normal. LFG merupakan pemeriksaan untuk menilai fungsi ginjal anda.

6. Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi sama sekali sehubungan dengan kondisi saat ini berdasarkan hasil lab.

Ini dapat anda sesuaikan dengan jawaban yang kami berikan pada pertanyaan nomor 2.

7. Saat ini saya menderita fistula ani, dan satu (1) bulan yang lalu saya operasi (insisi) untuk mengeluarkan nanah dan darah. Berdasarkan informasi dokter bedah, saya akan dioperasi untuk kedua kali. Katanya akan menutup internal opening. Apakah ini termasuk operasi besar, dan berapa lama penyembuhannya?

Operasi tersebut dapat tergolong operasi sedang dan dilakukan dikamar operasi (ruang steril) dengan bius setengah badan atau bius umum. Sedangkan lama penyembuuhan berbeda-beda tergantung dari kondisi pasien dan derajat penyakit itu sendiri.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar