Sukses

Takut Penyakit

16 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 30 tahun.
Setiap hari sy selalu cemas. Sy sangat mengkhawatirkan kondisi kesehatan fisik saya. setipa hari pikiran sy selalu negatif merasa tubuh ini sakit dan benar-benar sakit, hingga untuk beraktifitaspun sangat berat. setiap hari sy sealu mencari berita tentang kesehatan di internet dan mencocokan dengan apa yang saya rasakan, seolah olah itu adalah penyakit saya. setiap hari saya bergelut dengan lamunan akan penyakit yang saya derita. adapun yang sya derita adalah sakit epala, mual, lemas, pegal, kadang sakit dada, sakit ulu hati, pusing. seolah saya menderita penyakit berat hingga saya selalu menduga bahwa saya akan mati dalam waktu dekat. tolongin saya dok sungguh saya tersiksa dengan semua ini
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda adalah sakit kepala, mual, lemas, pegal, sakit dada, sakit ulu hati dan pusing. Sudahkah Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik? Sebaiknya Anda terlebih dahulu mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik sehingga Anda bisa memperoleh data-data yang akurat mengenai kondisi kesehatan Anda yang dapat menolong mengatasi rasa cemas Anda. Mungkin saja Anda hanya kelelahan, memiliki "maag", atau sedang dalam tekanan tertentu. Untuk itu Anda juga perlu memperhatikan pola aktivitas Anda, pola makan Anda, pola istirahat Anda.

Jika setelah mengunjungi dokter dan tidak ditemukan masalah yang serius sementara Anda masih merasa cemas, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis psikiatri untuk konseling dan juga pengobatan. Mungkin saja Anda mengalami "psikosomatis". Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda.

 

Gejala prikosomatis sendiri dapat berbeda untuk setiap orang. Sakit perut, nyeri dada, sakit kepala, dll. Kesamaannya adalah tidak ditemukan adanya kelainan fisik pada pemeriksaan fisik maupun penunjang.

 

 

 

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan seseorang mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang. Selain itu keluhan tersebut tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

 

 

 

 

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar